Kreatif! Anak SMK Ubah V-Ixion Jadi Jeep

Anak SMK Ubah Vixion Jadi Jeep – Beberapa siswa SMK Angkasa Lanud Husein Sastranegara berhasil membuat mobil seperti Jeep Willys dengan menggunakan mesin motor Yamaha V-Ixion 150 cc. Hanya butuh waktu tiga bulan untuk mereka, merancang serta merakit V-Ixion menjadi Jeep, yang mereka beri nama Sky Jeep V150.

Kreatif Anak SMK Ubah Vixion Jadi Jeep

Mereka yang berhasil merakit Jeep dari V-Ixion adalah Kiki Hadiansyah (17) dari Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), M Ramdhani (16) dari jur TKR, Ardi Indirwan (17) dari Jurusan TKR, Rizal M Ramadhan (16) dari Jurusan TKR, M yakin (15) dari Jurusan Teknik Mesin Industri dan Sri Setyo Hastomo (17) dari Jurusan TKR.

Berawal dari mendapatkan hadiah berupa mesin motor, anak-anak SMK tersebut kemudian berdiskusi untuk memulai tahap perancangan dan perakitan mesin sepeda motor menjadi sebuah kendaraan. Akhirnya, mereka yang masih duduk di bangku kelas XI ini merealisasikan gagasan tersebut dalam waktu tiga bulan.

Selama periode tiga bulan pengerjaan, mereka memulai dengan tahap perencanaan, desain, kemudian beralih pada proses pembuatan body kendaraan lewat cara manual. Seringkali anak-anak SMK tersebut menemui kendala atau kesulitan yang kompleks seperti saat proses pembuatan rangka kendaraan sebagai dudukan roda. Sama seperti pembuatan kendaraan dalam model prototipe, mereka juga mesti berhadapan dengan proses trial and error.

separator

Secara tampilan Sky Jeep V150 memiliki ukuran yang lebih kecil dari Jeep Willys. Bagian interior hanya ada satu kursi panjang yang dipasang melintang di belakang kemudi mobil yang memiliki kapasitas dua penumpang. Untuk bagian belakang mobil bisa digunakan sebagai bagasi ala kadarnya.

Untuk bagian sistem kemudi, Sky Jeep V150 memiliki sistem kemudi yang sama dengan mobil pada umumnya meliputi : gas, rem, kopling, serta dua tuas untuk mengatur gigi, serta tuas maju dan mundur. Jangan salah, meskipun Sky Jeep V150 menggunakan mesin motor, namun anak-anak SMK ini memodifikasinya sedemikian rupa sehingga Sky Jeep V150 bisa digunakan untuk berjalan mundur layaknya mobil pada umumnya.

Kapasitas bahan bakar Sky Jeep V150 menggunakan tangki berkapasitas 3,7 liter, supaya body mobil terlihat lebih kompak. Komponen penunjang lainnya seperti spion, lampu, dan lainnya pun sudah terpasang lengkap di mobil ini. Sky Jeep V150 sudah dipamerkan di ajang Air Show yang dilaksanakan pada tanggal 10-13 September 2015 kemarin, diproyeksikan Sky Jeep V150 akan digunakan sebagai kendaraan untuk tempat-tempat wisata. Baca juga Zeneos Kenalkan Ban Motor Jumbo dan Tim Mekanik PT Astra Honda Motor Juarai The 11th Asia and Oceania Technology Exchange.

 

 

Top