Honda Sonic Tempel Ketat Suzuki Satria FU

Penjualan Honda Sonic Tempel Suzuki Satria FU ­- Strategi PT Astra Honda Motor (AHM) yang menciptakan produk baru pada tahun ini, yakni menciptakan jenis motor bebek ayago alias ayam jago terbaru terbukti jitu. Beberapa hari setelah peluncuran produk motor ayago andalan PT AHM yang dinamai dengan Honda Sonic 150R menghasilkan penjualan yang terus meningkat signifikan. Bahkan motor bebek sport besutan Honda yang telah lama dinantikan kalangan pecinta otomotif Indonesia tersebut pun telah menempel ketat rival utamanya yakni Suzuki Satria FU.

Honda Sonic Tempel Ketat Suzuki Satria FU

Dari data yang dilansir oleh Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) menurut data distribusi wholesale di bulan Agustus, Honda Sonic 150R telah terjual sebanyak 8.420 unit. Sedangkan sang rival utama penguasa bebek kelas 150 cc beberapa tahun yang lalu yakni Suzuki mampu menjual 8.692 unit Suzuki Satria FU. Dimana raihan angka penjulan Honda Sonic tersebut tergolong begitu baik untuk bulan pertama setelah peluncuran. Bahkan angka tersebut mampu menempel ketat sang rival utama besutan Suzuki.

Advertisement

Menariknya masih menurut data AISI, dari distribusi wholesale pada bulan yang sama ternyata Yamaha jauh meninggalkan kedua pesaingnya tersebut. Di mana PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mampu menjual bebek sport kelas 150 cc andalannya yakni MX King sejumlah 14.552 unit. Meski sebenarnya Yamaha MX King berada kelas yang agak berbeda dengan Suzuki Satria FU dan Honda Sonic 150R, namun produk Yamaha tersebut patut diwaspadai oleh keduanya.

Catatan angka penjualan yang tergolong sangat baik dari Honda Sonic 150R yang notabene merupakan pendatang baru, menjadikan ancaman serius bagi Suzuki Satria FU. Dengan hal tersebut nampaknya menjadi alasan kuat bagi Suzuki untuk menciptakan generasi baru dari Suzuki Satria FU.

Beberapa media otomotif lokal pun telah memberitakan bahwa saat ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mulai menyiapkan generasi baru bebek ayago andalan mereka. Dikabarkan pula bahwa PT SIS memperbaharui dapur pacu Suzuki Satria FU dengan meninggalkan sistem karburator yang berubah menjadi teknologi Fuel Injection (FI). Bahkan beberapa saat lalu dikabarkan bahwa PT SIS telah melakukan uji coba Suzuki Satria FU injeksi tersebut di Cikarang, Jawa Barat, pada akhir Agustus lalu. Dengan persiapan tersebut, Suzuki hanya perlu mencari momen yang tepat agar diharapkan dapat menguasai pasar bebek kelas 150 cc nasional. Baca juga Yamaha Masih Optimis dengan Pasar Motor Bebek dan All New Vulcan 900 Classic, Meluncur Bulan Depan.

Top