Yamaha Siapkan Penantang Honda CBR650F

Yamaha Siapkan Motor Sport 600 cc Guna Menyaingi Honda CBR650F – Selain di Indonesia, deretan motor gede Honda juga hadir di negara Hindustan, India. Salah satu unit motor sport ber-cc besar yang cukup digemari oleh pecinta otomotif di India adalah Honda CBR650F. Tak ingin kalah dari Honda, Yamaha pun dikabarkan telah menyiapkan ‘lawan’ untuk Honda CBR650F.

yamaha-siapkan-motor-sport-600-cc-guna-menyaingi-honda-cbr650f

Seperti dilansir oleh Motorbeam pada Selasa (15/9), Yamaha berencana untuk meluncurkan motor sport di kelas high-end bernama Yamaha FZ6R. Peluncuran seri FZ6R ini akan mengikuti jejak Yamaha R3 yang telah diluncurkan beberapa waktu yang lalu.

Saat ini, pabrikan-pabrikan besar dunia memang seperti berlomba-lomba menawarkan banyak model yang mengisi segmen sport dengan kapasitas mesin yang besar. Invasi pabrikan-pabrikan kelas dunia ini memang bertujuan ingin menyasar konsumen agar beralih ke sepeda motor dengan performa lebih baik.

Advertisement

Yamaha FZ6R sendiri dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 600 cc liquid cooled dengan output tenaga mencapai 77,5 PS pada 10.000 rpm dan torsi puncak sebesar 59,7 Nm pada 9.000 rpm. Motor sport ini diproduksi untuk memenuhi permintaan di segmen sport tourer premium dan siap menantang Honda CBR650F yang telah mengaspal di India.

Yamaha India percaya bahwa penjualan sepeda motor premium bakal melonjak pada dua atau tiga tahun mendatang. Tingginya permintaan ini pun akan mempengaruhi sisi bisnis dan juga penjualan merek.

Pasar otomotif India memang merupakan salah satu pasar yang sangat potensial, meski saat ini Bajaj Auto sebagai ‘tuan rumah’ masih berkuasa di sana. Dominasi Bajaj di segmen low-end motor sport membuat pabrikan dari Jepang seperti Honda dan Yamaha menyasar segmen high-end lewat motor-motor ber-cc besar.

Khusus untuk FZ6R, Yamaha bahkan berencana untuk menghadirkannya di India dalam produksi secara completely knocked down (CKD) ketimbang completely built up atau CBU. Hal ini tentunya akan menekan biaya produksi FZ6R karena Yamaha merakitnya secara langsung di India. Hal ini pula menjadi salah satu strategi pasar Yamaha untuk menghindari bea masuk yang sangat tinggi yang diterapkan oleh pemerintah India. Baca juga PT AHM Berencana Mengekspor Honda Sonic 150R ke Negara-negara ASEAN dan Frankfurt Motor Show Tampilkan Motor Kembali Motor yang Telah 50 Tahun Hibernasi.

Top