Resep Rossi Tampil Impresif di MotoGP Musim Ini

Kunci Rossi Tampil Impresif di MotoGP – Siapa tidak mengenal legenda hidup MotoGP yang satu ini. Sudah banyak mencicipi gelar juara di berbagai kelas MotoGP, nyatanya Valentino Rossi masih berjaya hingga sekarang. Kejayaan Rosi seakan belum sirna meski usianya tak lagi muda, pada musim balap tahun ini saja,  Rossi diprediksi akan menyabet gelar juara dunia MotoGP yang saat ini sudah berada di depan mata.

Kunci Rossi Tampil Impresif di MotoGP

Rupanya Rossi punya resep untuk mempertahankan performa di usia yang tak lagi muda. VR46 sapaan Rossi membeberkan mengenai performanya di MotoGP musim ini yang impresif, sehingga mampu melampaui pembalap-pembalap lain yang usianya jauh di bawahnya. Rossi juga memberikan tips untuk bisa tampil prima di MotoGP. Apa saja resepnya?

Selama balapan MotoGP, Rossi memiliki dua prinsip ketika race. Prinsip Rossi yang pertama, menunggu grip ban lawan mulai habis. Prinsip kedua mengambil kesempatan ketika lawan sedang mengalami problem saat balapan. Selanjutnya, setelah menunggu waktu yang tepat Rossi akan mengambil momentum itu sebagai kesempatan. Ini adalah bentuk strategi psikis yang dijalankan Rossi dengan penuh perhitungan, karena adakalanya Rossi merasa dilematis karena diharuskan memilih dua kondisi saat balapan, yaitu menjaga speed atau persiapan untuk menyalip. Selain itu dia mengungkapkan bahwa pembalap harus memahami fungsi dan profil di ban yang ada di motornya, karena dengan memahami ban bisa sangat menguntungkan pembalap.

Setelah hijrah dari Ducati ke Yamaha, Rossi dianggap sudah kehilangan daya magis-nya. Hal itu tak lantas membuatnya berpikir pensiun atau frustasi. Nyatanya di Yamaha, performa Rossi kian menanjak. Dengan mental juaranya, Rossi bertekad untuk memperbaiki gaya balapnya. Rossi mulai menggunakan ban dengan cara yang berbeda saat di Ducati, kemudian mengubah body positioning meniru gaya Marquez, menurut Rossi sangat penting untuk melihat performa pembalap teratas lalu kemudian mempelajarinya. Namun Rossi memodifikasi gaya balap Marquez dengan gayanya sendiri karena perbedaan postur antara keduanya. Berkat penggunaan seamless gearbox juga akhirnya Rossi bisa tampil mentereng dan kini pengereman lebih presisi dibanding musim lalu.

Sekarang YZR-M1 milik Rossi lebih trengginas dibandingkan musim lalu atau ketika musim 2002. Setelah digunakannya beberapa perangkat canggih meliputi rem dan seamless gearbox, serta ban mumpuni, kini M1 telah berevolusi. Namun sebenarnya dengan semakin trengginasnya YZR-M1 musim ini, mengakibatkan motor ini lebih sulit dikendalikan. Berbicara kemampuan Rossi, lagi-lagi kepiawaian Rossi terlihat. Dia mampu beradaptasi dan menaklukkan monster sebuas M1. Hasilnya? Rossi mendapatkan poin tertinggi MotoGP saat ini. Baca juga Valentino Rossi Hanya Mampu Finish di Urutan Kelima GP San Marino dan 3 Mobil Abart Dipersembahkan untuk Tim Movistar Yamaha MotoGP.

Top