Ambisi Honda Kuasai 70 Persen Pasar Sepeda Motor di Indonesia

AHM Optimis Kuasai Pasar Sepeda Motor 70 Persen – PT Astra Honda Motor merasa yakin akan dapat menguasai hingga 70 persen proporsi pasar motor di Indonesia tahun ini. Optimisme ini bukan tanpa dasar, pasalnya Honda sudah berhasil menjual motor mencapai 2,840 juta unit dalam periode Januari sampai Agustus 2015.

ambisi Honda kuasai 70 persen pasar otomotif Indonesia

Berdasarkan jumlah penjualan tersebut, PT AHM berarti sudah mengantongi pangsa pasar sebesar 67 persen dari jumlah keseluruhan penjualan sepeda motor di Indonesia yang mencapai 4,218 juta unit. Namun penjualan pada tahun 2015 ini merupakan penjualan terkecil dari Honda selama kurun waktu dua tahun belakangan ini. Pada semester pertama tahun 2013 PT AHM bahkan sanggup mencatatkan penjualan sepeda motor sebanyak 3,076 juta unit, semester pertama tahun 2014 meningkat dengan penjualan mencapai 3,341 juta unit.

Akan tetapi secara porsi penjualan, tahun ini meningkat dari dua tahun sebelumnya di mana pada tahun 2013 saat delapan bulan pertama, pangsa pasar PT AHM hanya sekitar 60 persen.  Pada periode tersebut total penjualan sepeda motor mencapai 5,134 juta unit. Sementara di delapan bulan pertama tahun 2014 pangsa pasar AHM mencapai 62,2 persen dari jumlah keseluruhan pasar sepeda motor yang menembus 5,638 juta unit.

Hal inilah yang kemudian membuat PT AHM optimis akan menguasai 70 persen pasar sepeda motor di Indonesia. Jika berhasil mencapai penjalan sebesar 70 persen, maka PT AHM akan mencetak rekor penjualan dari sebelumnya yaitu pada tahun 2014 yang hanya sanggup meguasai pangsa pasar sebesar 64 persen.

Dilansir dari Tempo, Kamis (17/9/2015) Chief Executive of Honda Sales Operation PT Astra International tbk Sigit Kumala mengungkapkan, tolok ukur naiknya pasar di akhir tahun bisa dilihat pada penjualan September. “September lihat pengaruhnya, kalau ekonomi bagus akan berlanjut ke Oktober,” ujar Sigit.

Sigit juga memaparkan, penjualan sepeda motor yang merupakan wholesales pada bulan Agustus telah ditentukan sebelumnya. Hal itu dilakukan untuk mengisi pasokan motor yang kosong setelah hari raya Idul Fitri di bulan Juli kemarin. Sehingga respon konsumen akan terlihat pada September dan di bulan-bulan setelahnya. Baca juga Matic Produksi Indonesia yang Sudah Diekspor ke Luar Negeri dan PT AHM Berencana Mengekspor Honda Sonic 150R ke Negara-negara ASEAN.

Top