Mitsubishi Lancer Evo IX, Modifikasi Mobil Terngotot Tahun ini

Lancer Evo IX, Mitsubishi Berkekuatan Hingga 230 Km/Jam – Mitsubishi Lancer Evo IX memang sudah memasuki jajaran mobil sedan kelas sport, terlebih dia termasuk model GT yang mampu memberikan torsi lebih banyak dibandingkan dengan model Evo IX lainnya. Namun ternyata, hal tersebut belum mampu memenuhi ekspektasi dari sang pemilik, karena mobil tersebut akan lebih banyak melaju di lintasan bukan di jalan raya.

lancer-evo-ix-mitsubishi-berkekuatan-hingga-230-km-per-jam

Amandio, selaku pemilik dari Lancer Evo IX ini meminta hasil garapan yang maksimal dengan mesin yang kuat untuk secara terus-menerus berpacu pada kekuatan yang tinggi. Begitu ekspektasi dari sang pemilik untuk mendapatkan kekuatan yang lebih tangguh dari mobil besutan Mitsubishi ini.

Menurut keterangan yang diberikan oleh Lukas selaku modifikator yang dipilih oleh Amandio, Modifikasi yang dilakukan ini untuk memacu power RPM yang tinggi namun tetap stabil karena memang pada lintasan sirkuit umumnya menggunakan RPM yang tinggi hingga mencapai di atas 5.000 rpm. Hal ini sangat berbeda seperti di jalan raya yang hanya membutuhkan power 2.000-5.000 rpm.

Oleh sebab itu, Lukas juga memutuskan untuk melakukan pembaharuan pada sektor cylinder head. Perlu diketahui bahwa mesin dari Lancer Evo IX ini merupakan teknologi MIVEC (Mitsubishi Variable Valve Timing) yang merupakan variabel katup dari Mitsubishi yang mengusung teknologi yang mampu merubah valve timing.

Mesin dengan 4B11T 2.0 berjumlah 4 silinder 2.000 cc ini terdiri dari turbocharger plus intercooled ini dapat mencapai 291 hp pada mesin yang berputar 6.500 rpm. Namun, kekuatan mesin tersebut hanya berlaku pada Lancer Evo IX pada mobil versi Jepang.

Dengan menerapkan sejumlah suku cadang seperti camshaft dan vakvespring Jun Auto, kemudian retainer dengan bahan titanium selain menjadikan mobil ini kuat dan ringan juga mampu mengurangi valve float. Tak lupa Lukas juga memasangkan klep oversize Tomei untuk mendapatkan flow di rpm yang tinggi serta menambahkan part Jun untuk dapat melakukan dial cam gear. Untuk mesin pompa bahan bakar, mobil ini didukung dengan Deatshwerks 340 iph, untuk menjamin asupan bahan bakar yang terkontrol.

Dengan perangkat modifikasi tersebut, sebelum dilakukan upgrade Amandio telah mendapati waktu putaran 1:48 detik. Setelah dilakukan proses modifikasi, Lancer Evo ini mampu mengkatrol catatan waktu lebih cepat 4 detik, dan kecepatan tersebut ditotalkan mampu mencapai pacuan hingga 230 km/jam pada saat dilakukan uji coba pada trek lurus di Sirkuit Sentul. Baca juga Toyota Avanza Masih Jadi Mobil Terlaris di Indonesia dan All New Mitsubishi Triton Hadir di Surabaya

Top