Mengenal Motor Listrik Nasional Duet Garansindo dan ITS

Motor Listrik Nasional Duet Garansindo dan ITS – Proyek motor nasional antara Garansindo dengan perguruan tinggi ternama asal Kota Surabaya, Institut Teknologi Surabaya (ITS) kemarin sudah tampil perdana untuk masyarakat di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015. Motor garapan anak bangsa ini bersegmen skutik.

motor listrik nasional garansindo dan ITS

Bekerja sama dengan Institut Teknologi Surabaya (ITS), Garansindo optimis bisa mewujudkan impian masyarakat di Indonesia, yang menginginkan adanya motor nasional buatan anak bangsa yang berkiprah di negeri sendiri. Motor listrik ini akan menggunakan roda dengan diameter 14 inchi. Namun meski berjenis skutik, motor ini akan digerakkan melalui model rantai bukan v-belt.

Untuk sumber tenaganya, motor elektrik ini akan menggunakan baterai berjenis Lithium ion atau Li-Ion dengan penempatan baterai berada di tengah-tengah rangka. Untuk kapasitas baterainya adalah sebesar 1.980 Wh yang memiliki kapasitas maksimum pengecasan sebesar 6,12 Ampere. Dengan mengisi daya selama 1,5 jam, motor listrik ini bisa menempuh jarak yang cukup jauh yaitu 60 km.

Motor listrik ini akan memiliki daya maksimum 5-10 Kw dengan maksimum putaran mesin sekitar 3.00 rpm. Dan torsi yang dapat dihasilkan ialah 15 Nm. Secara spesifikasi motor listrik garapan ITS dan Garansindo memiliki desain kerangka yang identik dengan skutik dari Yamaha, yaitu Yamaha Mio. Kemudian ada motor controller di bagian tengah rangka, dan canggihnya untuk display seperti speedo meter atau fuel meter sudah menggunakan monitoring sistem model touch screen.

Gransindo sendiri menyatakan bahwa komponen yang ada pada motor listrik nasional mayoritas adalah buatan ITS. Bahkan alasannya menggandeng ITS untuk proyek ambisius ini, karena Garansindo merasa ITS yang paling siap untuk mewujudkan motor nasional di Indonesia. ITS juga berhasil menjual komponen-komponen motor listrik yang sudah diedarkan di pasar. Lima komponen penting untuk motor listrik tersebut juga dibuat oleh ITS. Kecuali untuk rangka dan tenaga baterai, saat ini masih mengimpor dari produsen lain karena dalam periode ini masih dilakukan riset untuk kerangka dan baterai.

Dengan adanya proyek motor listrik nasional tersebut, Garansindo juga berharap ada anak bangsa lain yang turut membantu mengembangkan teknologi untuk motor listrik. Dengan begitu jika kerja sama antar anak bangsa terjalin, dan komponen-komponen untuk motor listrik bisa dibuat sendiri, maka motor ini akan menjadi motor yang ‘benar-benar hasil karya anak Indonesia’. Baca juga Garansindo Siap Kembangkan Motor Nasional dan Yamaha Kuasai Pasar Motor Sport Nasional.

 

  • Junior Plabo

    go go its, pasti bisa menjadi kampus pioner bangsa Indonesia

Top