Das Motorrad, Hasil Kreativitas Desainer VW

Desainer Volkswagen Ciptakan Modifikasi Motor Bergaya Street Tracker – Imajinasi dan kreativitas memang tak mengenal batasan. Baru-baru ini, sebuah hasil kreativitas ‘lintas ilmu’ berhasil menghadirkan karya yang luar biasa. Alex Earle, salah seorang seniman yang juga ambil bagian dalam mendesain mobil-mobil Volkswagen (VW) Amerika menunjukkan jiwa seni tingginya kala memodifikasi sebuah sepeda motor bergaya street tracker.

desainer-volkswagen-ciptakan-modifikasi-motor-bergaya-street-tracker

Alex Earle sendiri memegang jabatan sebagai Design Programmer Manager. Namun hal itu tak menyurutkan kecintaannya kepada sepeda motor, terutama jenis street tracker. Untuk mewujudkan idenya, Alex memilih satu unit Ducati Monster sebagai basis materi modifikasinya.

Tanpa banyak mengutak-atik sektor mesin, Alex bereksplorasi pada bagian desain bodinya. Mesin pada Ducati Monster sendiri memang tak perlu banyak dirombak karena sudah dikenal memiliki performa yang gahar. Menurut Alex, sosok Ducati Monster memang sangat cocok dengan kesenangannya pada kendaraan roda dua. Selain karena performa, konsep dasar kaki-kaki gambot berulir tegas, tinggi jok serta flat track proportion Monster memang sangat pas dengan yang ia idam-idamkan.

Inspirasi modifikasi Alex sangat sederhana. Ia ingin membangun sepeda motor yang enteng, modern, useful, serta tentunya lain daripada yang lain. Ia pun menggunakan potongan berbahan carbon fiber untuk merakit ulang Ducati Monster miliknya.

Advertisement

Pada bagian awal, Alex membuat sketsa gambar lalu mengolahnya menjadi 3D image dengan bantuan aplikasi komputer. Data tersebut lantas diekstrak ke dalam mesin produksi sebagai cetakan pembutan adonan bodi. Misi selanjutnya adalah mereduksi seluruh bobot motor hingga super ringan dengan hanya menyisakan 157 kg, tangki tanpa isi. Itu berarti berat kosong kendaraan hampir sama entengnya dengan Honda CBR3000R.

Karena ingin mewujudkan sebuah street tracker yang enteng, cara satu-satunya membuat monster ini kian ‘terbang’ tentu saja harus menanggalkan aksesori orisinal dan menitikberatkan pada part-part simpel, contohnya lampu LED, roda 19 inch dan peranti fascia dari bahan plat.

Untuk menyempurnakan body works-nya, Alex Earle pun membuat cangkang yang dibalut dengan bahan serat karbon yang didesain serupa Motesa Cota tahun 70-an. Untuk sadelnya, Ia mencomot desain sadel minimalis dengan balutan jok Niroxx yang tidak hanya halus dan lembut, tapi juga anti air.

Hasilnya? Ducati Monster yang sebelumnya berbodi gambot pun kini menjelma menjadi sosok Das Motorrad yang memiliki tubuh ‘langsing’ nan stylish berkat tangan kreatif Alex Earle. Baca juga Husqvarna FS 450, si Supermoto Sexy dan Motor Sport AMG-MV Agusta Lahir di Jerman.

Top