Menghilang Setengah Abad, Pabrikan Ini Kejutkan Frankfurt Motor Show

Borgward Muncul Lagi di Frankfurt Motor Show 2015 – Pengunjung gelaran Frankfurt Motor Show 2015 mendapatkan kejutan yang tak terduga. Ketika melihat booth Borgward, banyak orang yang asing dengan pabrikan tersebut. Hal ini memang wajar karena Borgward merupakan produsen otomotif yang sempat menghilang selama 54 tahun atau lebih dari setengah abad.

borgward-muncul-lagi-di-frankfurt-motor-show-2015

Pada gelaran Frankfurt Motor Show tahun ini, Borgward memutuskan kembali ke kancah otomotif. Sebagai tanda ‘kebangkitan’ setelah sempat vakum selama 54 tahun, Borgward hadir di Frankfurt Motor Show dengan mengusung unit prototipe SUV Borgward BX7.

Desain prototipe SUV Borgward ini dihadirkan dalam dua varian, yaitu BX7 dan juga BX7 TS untuk tipe yang lebih sporty. Seperti dilansir oleh Carscoops pada Kamis (17/9), Borgward BX7 memiliki panjang 4,7 m dan menawarkan kapasitas tempat duduk untuk tujuh penumpang.

Advertisement

Sementara itu, kabin untuk Borgward BX7 TS atau Touring Sport hadir dalam gaya premium melalui jok yang terbungkus daru material nappa dengan tekstur corak berlian. Selain itu, Borgward BX7 merancang kursi pada BX7 TS dengan pilihan konfigurasi untuk lima, enam, atau tujuh penumpang.

Untuk bagian jantung mekanis, Borgward mempersenjatai konsep BX7 dengan mesin bensin empat silinder 2.0 liter T-GDI turbocharged. Mesin tersebut dikombinasikan dengan girboks manual 7 percepatan manual atau 6 percepatan otomatis. Meski dari kapasitas tergolong kecil jika dibandingkan dengan SUV dari pabrikan lain, namun mesin Borgward BX7 dan juga BX7 TS ini termasuk mesin berteknologi tinggi.

Mesin yang tertanam pada Borgward BX7 dan juga BX7 TS ini mampu memuntahkan tenaga maksimal mencapai 220 Tk pada 5.000 rpm dan torsi sebesar 300 Nm dalam rentang putaran 1.750-5.500 rpm. Jika melihat besaran tenaganya, mesin milik Borgward BX7 ini sudah seimbang dengan SUV lain dengan kapasitas mesin 2.0 liter. Borgward sendiri mengklaim bahwa mesin yang tertanam pada BX7 mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari 10 detik dengan kecepatan maksimum lebih dari 200 km/jam.

Borgward sendiri sudah berdiri sejak tahun 1929. Setelah hampir setengah abad menghilang, kini pabrikan yang berbasis di Bremen, Jerman, itu mencoba untuk kembali eksis di dunia otomotif. Baca juga Porsche Buka Rahasia 15 Menit Charge Mission E dan Otonomos, Mobil Tanpa Kemudi Kini Mulai Diterima Masyarakat.

Top