Widya Wahana V, Mobil Listrik Tenaga Surya Buatan Mahasiswa ITS

Widya Wahana V, Mobil Listrik Tenaga Surya Buatan Mahasiswa  ITS – Tak hanya mengembangkan motor listrik nasional, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) juga turut mengembangkan mobil listrik. Tim pengembang mobil listrik ini menamakan mobil tersebut dengan nama Widya Wahana V. Bahkan hebatnya, mobil berdaya angkut dua orang ini sudah melakukan Tour de Java-Bali pada tanggal 17 Agustus 2015 kemarin dengan start dari Jakarta melewati Semarang, Banyuwangi, dan finish di Denpasar.

Widya Wahana V Mobil Listrik Karya ITS

Widya Wahana V sudah dilaunching langsung oleh Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana MscES PhD dan diproyeksikan mengikuti kompetisi World Star Challenge (WSC) 2015 bertempat di Australia pada tanggal 18-25 Oktober 2015 mendatang. Ajang WSC 2015 akan memberikan peserta lomba tantangan yang cukup berat untuk menguji ketangguhan Widya Wahana V. Tantangan yang harus diselesaikan oleh Widya Wahana V adalah menyelesaikan perjalanan dengan jangka waktu terbatas, yaitu maksimal enam hari  dengan race hanya sembilan jam (08.00-17.00 waktu Australia) setiap harinya.

Tantangan tak berhenti sampai di situ saja, Widya Wahana V juga harus mampu untuk melewati suhu ekstrem di Australia yang saat ini berkisar 20 sampai 30 derajat celcius. Pitsop yang akan digunakan untuk pemberhentian-pun tidak menentu, road train yang banyak juga akan menjadi tantangan tersendiri untuk Widya Wahana V di kompetisi ini.

Widya Wahana V memiliki spesifikasi yakni berat sekitar 280 kilogram, kekuatan 2X2 kW dan memiliki jarak tempuh sebanyak 700 km setiap kali charge. Berdasarkan uji coba yang sudah dilakukan oleh tim pengembang Widya Wahana V, mobil ini sanggup mencapai kecepatan maksimal 110 km per jam, namun di atas kertas sebenarnya Widya Wahana V mampu mencapai kecepatan 150 km per jam apabila kondisi jalan mendukung.

separator

Untuk sumber listriknya, dibantu dengan panel surya yang ditempatkan di atas mobil dengan jenis panel surya mono cristalline silicon soar cellsyang dapat mehasilkan tenaga listrik 1.035 watt. Sumber listrik tersebut bisa langsung diubah menjadi tenaga gerak yang sebagaian akan disimpan dalam baterai Li-Ion berkapasitas 97,2 volt DC, 15 kwh dengan motor berjenis BLDC 12-2 kW.  Baca juga Motor Listrik Nasional Duet Garansindo dan ITS dan Porsche Buka Rahasia 15 Menit Charge Mission E.

 

Top