Karya Otomotif Anak Bangsa Jamah Luar Negeri

Mobnas Produksi Cimahi Menjamah Malaysia dan Afrika – Mobil Nasional hasil kreatifitas anak bangsa yang diberi nama Fin Komodo kini terus melakukan upaya perkembangan diri. Mobil off road berukuran mungil dan minimalis ini menggendong mesin 250 cc yang cocok digunakan untuk kegiatan perkebunan.

mobnas-produksi-cimahi-menjamah-malaysia-dan-afrika

 

Yang semakin mengundang banyak apresiasi adalah, mobil mungil ini telah mampu merebut perhatian di negara tetangga Malaysia dan Afrika. Meskipun belum membuka produksi eksport, namun telah banyak peminat dari luar Negeri yang hendak melakukan pemesanan mobil tersebut.

Menurut kutipan yang dirangkum dari halaman oto.detik, Sabtu (19/09/2015),” Kita belum mengarah pada eksport. Tetapi ada beberapa pembeli dari Malaysia dan Afrika yang beli dari kami, lalu mereka menjual lagi di negaranya,” ujar Marketing PT. Fin Komodo Teknologi, Dewa Yunardi.

Setelah sukses menuai banyak perhatian dan pujian pada Indonesia Internasional Motor Show (IIMS), mobil yang menggunakan starter elektrik ini kembali dipajang dan diperkenalan pada ajang Indonesia Automotive how 2015 di JIExpi Kemayoran, Jakarta sejak 17-19 September 2015.

Mobil produksi asli Cimahi, Jawa Barat ini memiliki kekuatan putar sebesar 17,6 Nm/5500 rpm dengan lecutan tenaga 14 hp/750 rpm. Untuk kapasitas tangki bahan bakar dibekali sebesar 20 liter dengan penggunaan bahan bakar pertamina pertamax.

Untuk bagian sistem penggerak, mobil ini diberikan 2 buah roda bagian belakang dengan sprocket. Bagian suspense depan dan belakang menggunakan fully independent double wishbone dengan per keong. Pada bagian rem depan, juga dilengkapi dengan dua buah hidrolik cakram dan satu buah hidrolik di bagian belakang.

Dengan ukuran ban bagian depan sebesar 25 x 8 x 12 dan pada ban bagian belakang 25 x 10 x 12. Sangat mendukung bagi pengemudi yang senang melakukan perjalanan off road menyusuri jalan terjal atau jalanan sekitar area hutan.

Untuk segi muatan, Fin Komodo ini dapat menampung dua orang penumpang dengan kapasitas angkut sebesar 250 kg. Sedangkan bagian komponen mesin sekitar 80-90 persen masih menggunakan produk lokal, sementara untuk mesin transmisi menggunakan produk import.

Mobil yang telah menyambang hingga ke negeri tetangga ini telah menyabet beberapa penghargaan. Kabarnya, mobil ini bisa didapatkan dengan harga Rp 88 juta dengan pilihan warna sesuai dengan keinginan pemesan. Baca juga Tim Mekanik PT Astra Honda Motor Juarai The 11th Asia and Oceania Technology Exchange dan Mobil Listrik Indonesia Akan Diakuisisi Malaysia

Top