Mobil Ini Bisa Berubah Bentuk Sesuai Kecepatan

Mercedes Benz IAA Concept Bisa Berubah Bentuk Sesuai Kecepatan – Sekali lagi ajang Frankfurt Motor Show jadi ajang pembuktian inovasi oleh produsen-produsen mobil dunia. Salah satunya adalah Mercedes-Benz, pabrikan mobil asal Jerman ini remi memperkenalkan kepada publik sebuah konsep mobil 4 door yang dinamai Mercedes Benz IAA Concept. IAA adalah singkatan dari Intelligent Aerodynamic Automobile. Apa saja fitur menarik mobil yang masih berbentuk konsep ini?

Mercedes Benz Concept IAA Bisa Berubah Bentuk Sesuai Kecepatan

Sesuai dengan namanya Mercedes Benz IAA Concept akan memiliki kecanggihan dari bentuk mobil yang bisa berubah sesuai kecepatannya. Jika Mercedes Benz IAA Concept melaju pada kecepatan 80 km/jam maka body belakang mobil ini dapat memanjang secara otomatis hingga 390 mm. Untuk bagian depan, sirip atau flaps di bumper juga beradaptasi dengan arah pergerakan angin, bahkan velg mobil ini juga akan mengalami perubahan bentuk menjadi lebih aerodinamis mengikuti gaya berkendara pengguna.

Inovasi canggih ini dinamakan oleh Mercedes-Benz dengan nama Active Rims. Dimana saat semua aerodinamika Mercedes Benz IAA Concept diaktifkan, maka akan membuat nilai koefisian drag-nya hanya 0.19. Sebagai tambahan, Mercedes Benz IAA Concept saat ini diklaim sebagai mobil dengan bentuk paling aerodinamis seantero dunia, karena memiliki koefisien drag yang hanya 0,22 saja.

Kemudian saat Mercedes Benz IAA Concept dipakai untuk berkendara di bawah 80 km/jam, mobil ini secara otomatis berada dalam Design Mode. Mobil ini akan berubah bentuk seperti semula, panel aerodinamikanya langsung kembali masuk ke tempatnya. Artinya mobil ini otomatis kembali ke dalam bentuk normal, daripada saat semua komponen aerodinamikanya aktif.

separator

Untuk bagian interiornya, interior dari Mercedes Benz IAA Concept terlihat umum sama seperti interior mobil Mercedes-Benz yang sudah diproduksi. Mercedes mengungkapkan bahwa interior dari Mercedes Benz IAA Concept memiliki desain interior yang lebih baru dari interior S Class.  Inovasi canggih selanjutnya adalah Mercedes Benz IAA Concept sudah menggunakan tombol Optical Finger Navigation (OFN) pada setir kemudi. Tombol OFN mengandalkan tombol  touchpad bukan tombol fisik biasa, yang bisa digunakan untuk berinteraksi dengan kontrol kendaraan.

Untuk mesinnya, Mercedes Benz IAA Concept dibekali dengan mesin plug-in-hybrid yang mampu mencapai tenaga 279 hp. Jika hanya mengandalkan tenaga baterai, Mercedes Benz IAA Concept mampu melahap kilometer sepanjang 64 km. Saat melaju dalam model aerodinamis, Mercedes Benz IAA Concept sanggup mencapai angka 68 km per liter, rekor mobil teririt.

Dengan menawarkan sejumlah fitur yang canggih seperti di atas, tak salah rasanya jika Mercedes menyebut Mercedes Benz IAA Concept adalah konsep mobil untuk masa depan. Apakah anda setuju? Baca juga Mercedes-Benz Makin Serius Garap Mobil Listrik dan S-Class Cabrio Disebut-sebut S-Class Tercantik Sepanjang Masa.

Top