Mesin Ford EcoBoost di Masa Depan Bisa Berjalan Hanya dengan 2 Silinder

Mesin Ford EcoBoost di Masa Depan Bisa Berjalan Hanya dengan 2 Silinder – Saat ini Ford EcoBoost yang merupakan kandidat mesin terbaik otomotif dunia sedang mati-matian mengembangkan mesin yang canggih. Ford EcoBoost saat ini tengah membuat mesin yang selain memiliki tenaga gahar namun tetap irit bahan bakar. Selain dengan penggunaan cc kecil dan sistem injeksi udara paksa dari turbo terbaru Ford, tim pengembang mesin Ford juga sedang meneliti penggunaan cylinder deactivation system untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar pada mesin.

Ford EcoBoost di Masa Depan Bisa Berjalan Hanya dengan 2 Silinder

Mesin terbaru rakitan Ford tersebut, memungkinkan metode mesin membaca kondisi berkendara dan kemudian mematikan piston agar tidak membakar bahan bakar, selama piston yang lain masih sanggup memberikan daya yang cukup untuk melaju. Dengan metode ini tentu mesin akan semakin irit bahan bakar minyak. Saat komputer membaca jika pengendara mobil menginginkan respon mesin yang optimal (contohnya ketika pengendara dalam situasi tanjakan atau akan menyalip), secara otomatis silinder yang dimatikan tadi akan aktif kembali sehingga tenaga mobil menjadi lebih maksimal.

Advertisement

Sebenarnya apa yang sudah dikembangkan oleh Ford EcoBoost bukanlah teknologi baru. Teknologi serupa bahkan sudah digunakan oleh Honda Accord V6 dan Chevrolette Stingray terbaru. Jumlah silinder yang dimatikan juga cenderung beragam, tergantung jumah piston yang terpakai. Namun karena mesin Ford EcoBoost hanya memiliki cc minimalis yaitu 1.000 cc 3 silinder, maka sistem yang ada di Ford EcoBoost hanya akan mematikan 1 silinder saja. Secara otomatis, jika mesin tak membutuhkan tenaga optimal, Ford EcoBoost akan berjalan cukup dengan dua silinder saja.

Kapasitas mesin Ford EcoBoost yang aslinya hanya 995 cc, kemudian saat silinder utama mati, praktis spesifikasi mesinnya terpangkas menjadi 660 cc saja dengan dua silinder turbo. Kapasitas mesin tersebut sama dengan mesin motor roda dua milik Kawasaki seperti Kawasaki ER6N dan Ninja 650, namun ditambah dengan mesin turbo. Menurut sumber Autonetmagz, beberapa teknisi sudah mencoba mesin ini dan melaporkan bahwa konsumsi BBM lebih irit hingga 6 persen dibandingkan mesin Ford EcoBoost standar. Teknisi dari Ford juga berpendapat, bahwa sistem yang ada di Ford EcoBoost ini sudah sanggup mematikan dan menyalakan silinder kembali dengan cara yang lebih halus, tak ada lagi hentakan yang membuat pengendara tidak nyaman. Baca juga Ford Buka 9 Gerai Resmi di Indonesia dan Ford Luncurkan Fitur Front Split View Camera.

Top