Si Komodo Merah Pemadam Kebakaran

Mobnas Produksi Komodo Pemadam Kebakaran – Begitu banyaknya angka kebakaran pada pemukiman padat penduduk, kini menjadi salah satu latar belakang dari kreatifitas anak bangsa untuk menciptakan sebuah mobil pemadam kebakaran yang cukup handal.

mobnas-produksi-komodo-pemadam-kebakaran

Setelah beberapa waktu lalu telah berhasil sukses dengan Mobnas Fin Komodo off road, kini tangan-tangan kreatif kembali menciptakan varian dari Mobnas Fin Komodo yaitu mobil pemadam kebakaran. Mobil buatan Cimahi ini meluncur dengan nama KD 250AT Damkar. Sesuai dengan namanya, mobil ini memang dikhususkan untuk memadamkan api di area padat penduduk yang sulit dijangkau oleh mobil pemadam kebakaran milik pemerintah yang berukuran cukup besar.

Pada rangkuman halaman detik Oto dinyatakan bahwa dalam Indonesia Automotif Show di Jakarta pekan lalu, Marketing Coordinator PT Fin Komodo Teknologi, Dewa Yuniardi mengatakan KD B250AT ini dapat memadamkan api saat kobaran baru saja terjadi. Seperti sebuah pertolongan pertama.

“Bukan ketika kobaran sudah besar. Mobil ini dengan cepat menerobos ke dalam pemukiman penduduk. Mobil Damkar yang besar tidak bisa. Itu konsep kami,” ujar Dewa.

separator

Mobil Damkar dari Fin Komodo ini memiliki mesin 4 stroke 250 cc serta dengan gaya maksimum perputaran hingga 17,6 Nm/ 5500 rpm serta dapat memacu tenaga daya kuda sebesar 14 hp / 7500 rpm.

Dengan memiliki rangka turbular, mobil Damkar ini telah mampu menyabet penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia.

Mobil berukuran cukup kecil ini memiliki daya angkut sebesar 250 kg, serta dengan dilengkapi mesin transmisi CVT Otomatis (maju dan mundur). Kapasitas pada oli transmisi sebesar 1,2 L dan oli gear box sebesar 400 cc SAE 40 W. Kemudian untuk bagian rem depan dan belakang menggunakan hidrolik cakram yang menggunakan sistem streering rack dan pinion.

Fin Komodo dengan kapasitas dua orang penumpang ini juga dilengkapi dengan perlengkapan pemadam kebakaran yang telah dibagi menjadi dua yaitu Fire Extinguisher dan Fire Safety Equipment.

Pada kedua perlengkapan tersebut telah diberikan masing-masing peralatan seperti peralatan pemadam kebakaran pada umumnya, dan diklaim telah memenuhi standar keamanan.

Menurut berita yang beredar, Mobnas Fin Komodo Damkar ini dibanderol dnegan harga Rp 300 jutaan dengan peralatan lengkap. Namun apabila tanpa perangkat safety lengkap hanya dibanderol dengan harga Rp 220 jutaan. Baca juga Mobnas Produksi Cimahi Menjamah Malaysia dan Afrika dan Lima Mobil Terbaik di Frankfurt Motor Show

 

Top