Suzuki Gugat Cerai Saham Pada VW Group

Akibat Sengketa, Suzuki ‘Buy Back’ Saham dari VW Group – Setelah menjalin kerjasama beberapa periode, akhirnya Suzuki Motor Corporation (SMC) membeli kembali saham mereka dari Volkswagen (VW) seharga US$3,8 miliar yang setara dengan Rp 55,1 triliun. Kabarnya, pembelian kembali saham tersebut diakibatkan oleh sengketa dari keduanya akibat hubungan yang semakin buruk sejak tahun 2011 lalu.

akibat-sengketa-suzuki-buy-back-saham-dari-vw-group

Pihak Suzuki memang belum memberikan keterangan mengenai langkah lanjutan setelah melakukan pembelian kembali saham mereka. Namun pihaknya menekankan kepada perusahaan akan bersikeras menjaga hubungan baik dengan produsen mobil lain untuk tetap menjaga independensi di masa depan.

Kisah awalnya, VW Group bersama Suzuki berencana untuk membangun sebuah kerjasama pada sektor mobil kecil serta hemat bahan bakar yang akan ditargetkan pada negara berkembang. Dalam hal ini, Suzuki yang akan mendapatkan bagian menyediakan akses teknologi serta memberikan bantuan terhadap VW dalam memperbaiki peringkat penjualan di pasar India.

Namun, sebelum sempat terlaksana kerjasama tersebut justru memburuk sejak tahun 2011 lalu setelah Suzuki menyetujui pembelian mesin diesel dari Fiat Chrysler Automibile (FCA). VW menyatakan bahwa perusahaan ternama di Jepang tersebut telah melanggar kesepakatan kerjasama atau berkhianat karena menjalin bisnis dengan rival dari VW Group.

Memang sejauh ini, VW Group telah menaungi beberapa merk mobil populer dunia seperti VW, Audi, Bugatti, Bentley, Lamborgini, Porsche, Seat, serta Skoda. Sedangkan untuk Suzuki sendiri, mereka menaungi perusahaan yang dijalin bersama dengan Maruti yang diberi nama dengan Maruti Suzuki yang berlokasi di India.

Berdasarkan merk-merk mobil yang cukup populer di dunia, dapat diketahui bahwa hanya tinggal 6 merk saja yang masih berdiri sendiri dan tidak terikat dengan group mana pun. Yaitu seperti Aston Martin, Mazda, Subaru, Mitsubishi, Tesla, serta McLaren. Untuk perkiraan kedepan, jumlah tersebut bisa saja menjadi berkurang , sebab sempat terdengar kabar bahwa Daimler AG akan mencoba menjalin kerjasama dengan Aston Martin.

Baik dari pihak Suzuki ataupun VW Group memang belum ada yang memberikan keterangan secara langsung, namun keputusan ‘Buy Back’ yang dilakukan oleh Suzuki tersebut dinyatakan telah melalui beberapa pertimbangan yang cukup matang. Baca juga PT Suzuki Indomobil Sales Luncurkan New Ertiga dan Lomba Hancurkan Bumper Mobil di Tiongkok

Top