Harga Yamaha Vega Force, Review & Spesifikasi Januari 2017

Harga Yamaha Vega Force dan Spesifikasi – Di tengah penjualan motor bertipe bebek yang kian anjlok, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tetap yakin  pada pasar motor bebek di Indonesia. Buktinya, Yamaha Indonesia baru saja melaunching Yamaha Vega Force yang merupakan evolusi dari Yamaha Vega ZR. Nama ‘Vega Force’ sendiri diambil karena motor baru dari Yamaha ini merupakan jenis motor bebek fusion, perpaduan antara Yamaha Vega dan Yamaha Force. Seperti kita ketahui, Yamaha Vega sendiri merupakan unit motor bebek yang sudah menjadi trademark dari pabrikan Garpu Tala itu. Dengan menghadirkan Yamaha Vega Force, Yamaha Indonesia nampaknya ingin memberikan alternatif baru bagi konsumen Indonesia yang menginginkan motor bebek yang irit, lincah, namun tetap bertenaga. Di pasar otomotif Tanah Air, Yamaha Vega mendampingi Yamaha Jupiter sebagai salah satu produk terlaris Yamaha di segmen low-end. Dengan label ‘Force’ di belakang namanya, kali ini Yamaha Vega Force tampil lebih segar dengan nuansa striping yang lebih sorty dan juga desain bodi yang lebih stylish. So, meski saat ini publik lebih melirik tipe sport yang harganya kian terjangkau, Yamaha sepertinya ingin tetap mempertahankan pangsa pasar yang sangat besar di kelas low-end. Untuk itulah mereka meluncurkan Yamaha Vega Force yang punya tagline ‘bandel dan irit’.

yamaha vega force

Secara resmi, Yamaha Vega Force diluncurkan pada bulan Agustus 2015 kemarin. Dan saat ini sudah masuk dalam tahap pemasaran ke seluruh Indonesia. Awalnya, Yamaha Vega sendiri dikenal sebagai motor bebek 110 cc yang cukup bandel di kelasnya. Lalu, Yamaha pun melakukan upgrade hingga Vega dibekali dengan mesin berkapasitas 115 cc. Nah kali ini, Yamaha Vega Force tampil lebih ‘fresh’ dengan mesin 115 cc berkonsep baru, yakni sudah menggunakan teknologi Fuel Injection alias injeksi bahan bakar. Teknologi yang sudah jamak digunakan pada sepeda motor era baru ini akan membuat Yamaha Vega Force semakin bertenaga, bandel, dan tentunya irit. Apalagi, Vega Force ini sudah lulus uji emisi EURO 3. Itu artinya, motor baru besutan Yamaha ini sudah memenuhi standar emisi yang berlaku. Dengan segmentasi anak muda dan kaum pekerja yang aktif, Yamaha Vega Force didesain dengan konsep bodi yang ramping, berpadu dengan striping tribal atraktif. Bodi Vega Force yang raming dan kompak pastinya akan sangat mendukung aktifitas sehari-hari. Apalagi bagi Bro dan Sis yang sering terjebak kemacetan. Dengan bodi Yamaha Vega Force yang ramping, tentunya Bro dan Sis akan bisa bermanuver dengan mantap, namun harus disertai dengan safety riding di jalanan. Nah, untuk mengetahui bagaimana performa motor baru Yamaha ini, Mas Sena sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Yamaha Vega Force pada segmen-segmen berikut ini. Simak ya!

motor yamaha vega force

Review Yamaha Vega Force

Desain

Desain Sporty dengan Striping Tribal Baru yang Atraktif

Advertisement

Dimulai dari desain fisik, pertama kali melihat desain dari spesifikasi Yamaha Vega Force ini, maka ingatan kita pasti akan langsung tertuju pada varian motor bebek Yamaha sebelumnya, yaitu Yamaha Force. Hal ini tentu wajar karena Vega Force diplot sebagai penerus Yamaha Vega, namun dengan citarasa sporty ala Yamaha Force. Untuk bagian bodi depan dan sayap, Yamaha Vega Force ini hampir identik dengan Yamaha Force lewat desain sayap yang slim dan berkarakter tegas. Lalu, pada desain headlamp yang mengerucut ke bawah juga hampir mirip 90 persen dengan Yamaha Force. Selain itu, aura sang kakak pada Yamaha Vega Force ini juga terasa pada bagian lampu sein yang bermodel rucing menukik ke bawah. Kemudian untuk stripingnya, Vega Force tampil lebih sporty lewat striping multi-colour berkonsep tribal lengkap dengan tulisan branding ‘Vega’. Striping pada Yamaha Vega Force ini mengusung tema kecepatan yang mencerminkan karakter si motor sendiri. Senada dengan Yamaha Force, pewarnaan cover mesin dan juga cover muffler pada Yamaha Vega Force ini juga dibalut dengan dengan warna hitam doff sehingga membuat tampilannya terlihat menjadi lebih elegan. Selanjutnya, bagian belakang bodi motor ini menganut model rear grab handle dengan aksen hitam glossy. Spesifikasi Yamaha Vega Force pada bagian buritan pun masih mengusung kombinasi antara Vega dan Force versi sebelumnya lewat lampu belakang berbentuk lancip serta selebor belakang yang berukuran cukup panjang.

Speedometer

Panel Speedometer Analog dengan Desain Baru

Selanjutnya, kita akan membahas spesifikasi Yamaha Vega Force pada bagian panel dashboardnya. Pada panel dashboard atau speedometernya, Yamaha juga membubuhkan konsep baru dengan tampilan sederhana namun tetap stylish. Kali ini, panel dashboard Yamaha Vega Force masih menggunakan konsep analog yang dipadukan dengan fungsi-fungsi yang mudah dipahami. Panel dashboard Vega Force dibagi menjadi dua cluster utama. Pada bagian utama sebelah kiri, diisi oleh indikator penunjuk kecepatan atau speedometer. Kemudian, pada panel Yamaha Vega Force yang lain ditempati oleh penunjuk fuel meter, indikator perpindahan gigi dan juga indikator lampu utama serta lampu sein. Dengan adanya indikator perpindahan gigi dan mesin, pengendara akan semakin dimudahkan dalam mengatur kecepatan. Jadi, meski spesifikasi Yamaha Vega Force pada panel dashboard ini masih terasa sederhana, namun panel indikatornya cukup mudah dipahami dan pastinya sangat fungsional.

spesifikasi yamaha vega force

Dimensi

Dimensi Ramping Cocok Sebagai Kendaraan Harian

Kini saatnya beralih pada spesifikasi Yamaha Vega Force di bagian dimensi tubuhnya. Sebagai motor bebek yang ditujukan untuk kaum muda yang aktif, motor baru Yamaha ini pun didesain dengan konsep bodi yang rampind dan kompak. Secara fisik, Yamaha Vega Force memiliki ukuran tubuh sebesar 1940 x 715 x 1075 mm untuk tipe disc brake atau rem cakram. Sementara untuk tipe drum brake atau rem tromol memiliki lebar yang lebih kecil 5 mm. Dengan ukuran tubuh seperti itu, Yamaha Vega Force akan sangat asyik saat di ajak melaju di jalanan perkotaan yang ramai. Didukung dengan bobot yang hanya mencapai 96 kg, motor ini tak akan terasa berat saat Bro dan Sis memarkirkannya atau menggesernya. Kemudian, Yamaha Vega Force ini pun dibekali dengan ruang bagasi yang cukup luas. Bagasi yang terletak di bawah jok tersebut mampu menampung barang bawaan dengan kapasitas 9,2 liter. Tentunya ini akan memudahkan Bro dan Sis saat membawa barang bawaan yang cukup banyak. Sedangkan untuk kapasitas tangkinya, Yamaha Vega Force mampu menampung sebanyak 4 liter BBM. Oh ya, motor baru dari Yamaha ini dibangun dengan menggunakan rangka tipe pipa baja dengan sistem tulang bawah atau under bone. So, spesifikasi Yamaha Vega Force pada bagian dimensi dan rangka ini memang sangat mendukung untuk kebutuhan berkendara sehari-hari.

Suspensi

Mantap Berkendara di Jalanan dengan Suspensi Dual Shock

Seabagai kendaraan harian tentunya harus memiliki sistem suspensi yang mumpuni. Sesuai dengan segmennya, spesifikasi Yamaha Vega Force ini telah diramu sedemikian rupa agar cocok untuk penggunaan harian. Yamaha Indonesia sendiri menargetkan Vega Force akan ditujukan untuk pengguna muda dan pekerja aktif, baik di daerah maupun perkotaan. Untuk itulah Yamaha Vega Force dibekali dengan suspensi yang sanggup melibas segala medan jalanan. Untuk mendukung kenyamanannya, suspensi depan pada Vega Force menggunakan sistem teleskopik yang diklaim mampu meredam getaran berlebih saat motor melaju di jalan bergelombang. Sementara untuk bagian belakang, Yamaha Vega Force dibekali dengan suspensi lengan ayun dengan dukungan dual shock. Kehadiran suspensi dual shock ini akan menahan beban pemboncengnya secara sempurna sehingga akan tetap terasa nyaman. Pada bagian kaki-kaki, Yamaha Vega Force dipersenjatai dengan ban depan berukuran 70/90 serta ban belakang berukuran 80/90. Sama seperti varian bebek lainnya, Vega Force ini menggunakan velg berukuran 17 inci. Sedangkan untuk bagian keamanan, spesifikasi Yamaha Vega Force dilengkapi dengan sistem pengereman tromol pada bagian depan serta rem cakram pada bagian depan.

spesifikasi motor yamaha vega force

Mesin

Mesin Baru 115 cc Fuel Injection Lebih Bertenaga dan Irit

Setelah puas dengan review untuk bagian luar dari spesifikasi Yamaha Vega Force ini, sekarang saatnya membedah spesifikasi pada bagian jantung dapur pacunya. Untuk dapur pacunya, kali ini Yamaha Vega Force dibekali dengan mesin SOHC 4 langkah yang menggunakan pendingin udara. Mesin tersebut memiliki volume silinder sebesar 114.0 cm3 atau sama dengan 115 cc. Mesin pada Yamaha Vega Force ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 6,41 kW pada putaran 7.000 rpm dan torsi sebesar 9,53 Nm pada putaran 5.500 rpm. Untuk kelas bebek underbone 115 cc, Yamaha Vega Force ini menjadi salah satu motor yang memiliki tenaga paling besar di kelasnya. Tak ayal, motor ini pun akan terasa sangat bertenaga saat diajak bermanuver di jalanan. Selain itu, Yamaha juga telah mengaplikasikan sistem pembakaran Fuel Injection yang akan membuat Vega Force irit konsumsi bahan bakar. Yamaha Vega Force ini akan digerakkan oleh sistem transmisi manual 4 percepatan dengan kopling basah otomatis multiplat. Untuk menyempurnakan pengapian di ruang mesinnya, spesifikasi Yamaha Vega Force di bagian jantung dapur pacu pun juga sudah menggunakan sistem pengapian Transistor Controlled Ignition atau TCI.

Fitur

Didukung Forged Piston dan Mesin yang Lulus Uji Emisi EURO 3

Untuk fiturnya, ternyata spesifikasi Yamaha Vega Force ini berbeda jauh dengan seri pendahulunya, baik dengan Yamaha Vega ataupun Yamaha Force. Kali ini Yamaha sudah menyematkan teknologi forged piston pada Vega Force. Sistem forged piston ini akan membuat usia mesin menjadi tahan lama jika dibandingkan dengan penggunaan piston biasa. Forged piston yang terdapat pada Yamaha Vega Force juga akan membuat motor lebih bandel dan siap untuk diajak bekerja keras. Selanjutnya ada juga fitur kunci starter yang sudah dilengkapi dengan tombol penutup praktis yang akan meningkatkan keamanan Yamaha Vega Force saat ditinggal di tempat parkir. Vega Force pun juga dibekali dengan bagasi berkapasitas 9,2 liter yang mampu memuat barang bawaan lebih banyak. Ada juga speedomteter berdesain baru yang dilengkapi dengan indikator perpindahan gigi. Dan hal terakhir yang membuat spesifikasi Yamaha Vega Force kian istimewa adalah motor ini sudah lulus uji emisi dengan standar EURO 3. Hal ini membuat Vega Force diklaim sebagai sepeda motor yang ramah lingkungan dan bersahabat bagi alam.

Spesifikasi Yamaha Vega Force

Mesin
Tipe Mesin4 Langkah Berpendingin Udara, SOHC
Jumlah Silinder / Posisi SilinderSilinder Tunggal / Mendatar
Volume Silinder114 cc
Diameter x Langkah50,0 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi9,3:1
Daya Maksimum6,41 kW / 7.000 rpm
Torsi Maksimum9,53 Nm / 5.500 rpm
Sistem StarterElectric Starter dan Kick Starter
Sistem PelumasanBasah
Sistem PengapianTCI (Transistor controlled ignition)
Kapasitas Oli Mesin1 L
Sistem Bahan BakarFuel Injection
BatteryYTZ4V/GTZ4V (MF Battery)
Tipe BusiNGK / CR6HSA
Tipe KoplingBasah, Kopling Sentrifugal, Multiplat
Tipe TransmisiConstant mesh, 4-Kecepatan
TransmisiN-1-2-3-4
Dimensi
P x L x T1940 x 715 x 1075 mm (Disk Brake)
1940 x 710 x 7075 mm (Drum Brake/Spoke)
Jarak Sumbu Roda1235 mm
Jarak Terendah ke Tanah155 mm
Tinggi Tempat Duduk775 mm
Berat Isi96 kg
Kapasitas Tangki BBM4 L
Rangka
Tipe RangkaPipa Baja Tulang Bawah / Steel Tube Underbone
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangLengan ayun, Suspensi Ganda
Pengereman
Rem DepanCakram
Rem BelakangTromol
Kaki-kaki
Ukuran Ban Depan70/90-17M/C 38P
Ukuran Ban Belakang80/90-17M/C 44P

Harga Yamaha Vega Force

Secara kasat mata, memang perubahan pada Vega Force ini tak berbeda jauh dengan Yamaha Force versi sebelumnya. Namun, di bagian mesin dan fitur ternyata ada beberapa perbedaan yang akhirnya mempengaruhi banderol harga Yamaha Vega Force ini. Pada bagian mesin, Vega Force mengusung mesin SOHC 115 cc yang sudah menggunakan teknologi injeksi bahan bakar sehingga mampu menghasilkan performa yang bandel, namun tetap irit. Selain itu, Yamaha Vega Force juga dibekali dengan panel speedometer berdesain baru yang sudah dilengkapi dengan indikator perpindahan gigi. Sedangkan pada bagian eksterior, Vega Force mengusung konsep desain bodi yang lebih agresif dengan balutan striping yang lebih berkarakter. Banderol harga Yamaha Vega Force pun juga dipengaruhi oleh penggunaan sistem forged piston yang bisa membuat usia mesin menjadi lebih tahan lama. Apalagi, motor terbaru dari Yamaha ini sudah mengantongi standar uji emisi EURO 3 yang motor lain termasuk motor sport pun ada yang belum lulus uji tersebut. Hal ini pastinya akan menjadi keunggulan tersendiri bagi Vega Force. Lalu, berapakah banderol harga Yamaha Vega Force ini ya?

harga yamaha vega force

harga yamaha vega force terbaru

Berdasarkan dari informasi resmi dari pihak Yamaha, banderol harga Yamaha Vega Force adalah Rp 14.600.000,- untuk tipe DB CW. Vega Force CW sekaligus akan menjadi tipe termahal. Sementara itu di bawahnya ditempati oleh Yamaha Vega Force tipe DB yang dibanderol dengan harga Rp 13.700.000,-. Sedangkan untuk Vega Force Drum sebagai versi termurah dibanderol dengan harga Rp 13.100.000,-. Jika melihat harga jualnya, banderol harga Yamaha Vega Force ini memang relatif masih terjangkau oleh konsumen di Indonesia. Jika dibandingkan dengan harga Yamaha Vega maupun Yamaha Force, harga jual Vega Force ini pun masih berada dalam satu level. Kehadiran Vega Force di segmen low-end pun merupakan langkah cerdik Yamaha mengingat banyak produsen mulai ‘meninggalkan’ segmen ini. Bisa dibilang, saat ini Yamaha boleh jadi menguasai kelas bebek 115 cc lewat seri Jupiter Z1 series dan kini disusul oleh Vega Force. Apalagi, banderol harga Yamaha Vega Force ini juga sangat bersahabat. Ini pastinya menjadi faktor penguat Vega Force di pangsa pasar otomotif Indonesia.

Harga Yamaha Vega Force

TipeHarga
Yamaha Vega Force DB CWRp 14.600.000,-
Yamaha Vega Force DBRp 13.700.000,-
Yamaha Vega Force DrumRp 13.100.000,-
Advertisement

Meski harga Yamaha Vega Force ini sangat bersahabat, namun kehadirannya sempat diragukan karena saat ini publik lebih melirik varian sport 150 cc atau tipe matik yang harganya juga semakin terjangkau. Namun Yamaha sendiri tetap optimis dengan Yamaha Vega Force karena kuatnya branding mereka di segmen bebek 115 cc. Jadi, Yamaha pun juga berharap bahwa Vega Force akan mengikuti jejak para pendahulunya seperti Yamaha Vega atau Yamaha Jupiter yang kini tetap menjadi penguasa di kelas 115 cc. Namun satu yang perlu Mas Sena sampaikan bahwa harga Yamaha Vega Force di atas merupakan harga OTR untuk kawasan DKI Jakarta dan sekitarnya. Untuk perkiraan harga Yamaha Vega Force di daerah sepertinya akan ada penyesuaian harga terkait dengan proses pendistribusiannya. Kalau boleh Mas Sena berpendapat, seri Vega Force ini memang sangat cocok bagi Bro dan Sis yang membutuhkan partner jalan yang berdesain kompak dan tangguh serta tentunya irit BBM. So, tunggu apa lagi! Segera kunjungi dealer Yamaha terdekat untuk mengetahui harga pasti Vega Force ini! Baca juga ulasan Mas Sena mengenai Kawasaki Athlete Pro dan Suzuki Satria F115 Young Star.

Top