Rupiah Lemah, Ekspor Yamaha Meningkat

Ekspor Motor Yamaha Meningkat – Selain penjualan motor di pasar dalam negeri yang mengalami peningkatan, ternyata ekspor Yamaha untuk pasar luar negeri juga meningkat, meskipun saat ini tengah mengalami lemahnya nilai mata uang rupiah terhadap dollar.

Rupiah Lemah Ekspor Yamaha Meningkat

Catatan positif berhasil dibukukan Yamaha untuk penjualan motor ke luar negeri. Pada bulan Agustus kemarin, total ekspor Yamaha meningkat sekitar 56,9 persen dari sebelumnya. Yamaha berhasil mengirimkan motor ke pasar luar negeri sebanyak 17.382 unit yang terdiri dari beberapa segmen motor, namun yang paling banyak diekspor adalah motor bersegmen skutik dan sport.

Motor apa saja yang paling banyak diekspor oleh Yamaha? All New Soul GT jawabannya, matik terbaru dari Yamaha ini menjadi motor yang  paling banyak diekspor oleh Yamaha dengan menyumbang pengiriman motor sebanyak 5.000 unit. Di tempat kedua, matik premium yang saat ini sedang naik daun yaitu Yamaha NMAX, berhasil menyumbang total ekspor sebanyak 4.321 unit. Kemudian ada raja motor sport di pasar otomotif nasional yaitu Yamaha V-Ixion Advance yang menyusul di tempat ketiga dengan jumlah ekspor mencapai 4.000 unit.  Motor sport fairing Yamaha juga tak mau kalah dengan jumlah ekspor motor sebanyak 2.299 unit untuk Yamaha R15, disusul dengan Yamaha R25 yang berhasil menyumbang total ekspor motor sebanayak 2.040 unit. Motor naked bike terbaru Yamaha juga turut menyumbang ekspor yang lumayan, dengan jumlah ekspor sebanyak 1.722 unit untuk Yamaha MT-25. Pada bulan Agustus berarti Yamaha berhasil membukukan jumlah ekspor yang cukup potensial ke luar negeri. Total penjualan Yamaha di bulan Agustus juga cukup menjanjikan dan meningkat dari bulan sebelumnya, dengan jumlah penjualan Yamaha secara keseluruhan adalah 186.659 unit untuk penjualan domestik dan impor. Dengan jumlah penjualan yang sudah dibukukan Yamaha tersebut, berarti penjualan yamaha di bulan Agustus naik sekitar 37,30 persen.

Naiknya penjualan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di bulan Agustus, membuktikan bahwa konsumen mulai percaya dengan kualitas motor Yamaha dari Indonesia. Sebagaimana hal ini diungkapkan Mohammad Masykur, selaku Asisten GM Marketing YIMM.

Advertisement

”Naiknya penjualan di bulan Agustus sangat menggembirakan, apalagi ditambah ekspor yang tetap menarik konsumen di luar Indonesia. Yamaha masih menguasai segmen sport, bukti masyarakat tetap mempercayakan motor sport Yamaha nomor satu. Dan teknologi Blue Core pun menguat penjualannya karena terbukti 50% lebih irit, bertenaga dan kualitasnya telah terbukti lewat tiga motor baru unggulan Yamaha,” ungkap Masykur. Baca juga Yamaha Kuasai Pasar Motor Sport Nasional dan Yamaha Masih Optimis dengan Pasar Motor Bebek.

Top