Tiga Pabrikan Otomotif Raksasa Eropa akan Kembangkan Baterai Mobil Listrik Bersama?

Daimler, BMW dan Audi Bakal Mengembangkan Baterai Mobil Listrik Bersama – Berita otomotif kali ini datang dari tiga produsen otomotif raksasa asal Eropa yakni Daimler, BMW dan Audi. Dikabarkan bahwa ketiga pabrikan tersebut akan bersama-sama mengembangan baterai mobil listrik secara bersama-sama. Meskipun ketiganya bersaing ketat di pasar mobil global namun benarkah ketiga pabrikan otomotif raksasa asal Jerman tersebut akan menjalin kerja sama?

Daimler, BMW dan Audi Bakal Mengembangkan Baterai Mobil Listrik Bersama

Seperti dilansir oleh laman Leftlanenews yang dikutip Detik Oto, Selasa (22/9/2015), perusahaan induk Mercedes-Benz, Daimler dikabarkan tengah mengadakan pembicaraan bersama dua pesaing terdekatnya yakni Audi dan BMW. Pembicaraan tersebut mengarah kepada produksi baterai untuk kendaraan mobil listrik generasi terbaru di masa yang akan mendatang.

Dari informasi yang ada, sebelumnya ketiganya diketahui telah resmi membeli layanan pemetaan besutan Nokia yakni Nokia Here. Pembelian layanan peta tersebut memang bertujuan demi menghadirkan kemampuan navigasi yang sangat baik bagi mobil Mercedes-Benz, Audi serta BMW untuk mobil otonom di masa depan. Bahkan ketiganya rela menggelontorkan dana miliaran dollar demi mendapatkan pemetaan dan navigasi dengan kemampuan serta akurasi tinggi.

Dengan permulaan tersebut, saat ini ketiganya dikabarkan tengah mempertimbangkan kerja sama lebih lanjut. Adanya jalinan kemitraan antara ketiganya pun diharapkan dapat membangun posisi kompetitif yang lebih kuat. Hal tersebut pun diamini oleh kepala Daimler, Dieter Zetsche.

separator

“Ada kerja sama antara pabrikan Jerman. Nokia Here menyebabkan pendekatan dan mungkin mengarah ke area lain,” ungkap Zetsche.

Meski begitu, sayangnya petinggi Daimler tersebut enggan memberikan keterangan lebih lanjut mengenai kerja sama antar ketiga pabrikan otomotif raksasa di Eropa tersebut. Namun yang pasti, saat ini Mercedes-Benz memang tengah menyiapkan mobil listrik andalan mereka untuk menantang mobil listrik besutan Tesla.

Apabila ketiganya benar-benar melakukan kerjasama demi menghasilkan baterai untuk mobil listrik maka bisa saja ketiganya dapat menguasai pasar mobil listrik secara global di masa yang akan mendatang. Baca juga Peugeot Fractal Concept Dipamerkan di Frankfurt Motor Show 2015 dan Mercedes-Benz Makin Serius Garap Mobil Listrik.

Top