Tanggapan Toyota Mengenai Tes Tabrak Mobil Murahnya

Tanggapan Toyota Mengenai Tes Tabrak Toyota Agya – Belum lama ini, lembaga pengetas mobil terbaru di kawasan Asia Tenggara yakni New Car Assessment Program South Asian Countries (ASEAN NCAP) telah melakukan uji tabrak pada tiga mobil murah dan ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC). Di mana ketiganya adalah Daihatsu Ayla, Datsun Go dan Toyota Agya. Telah ketiganya pun merupakan mobil murah yang dijual di Indonesia. Dari tes tabrak tersebut ketiganya mendapatkan hasil yang cukup baik meskipun tidak mendapatkan bintang lima.

Tanggapan Toyota Mengenai Tes Tabrak Toyota Agya

Seperti dilansir oleh laman Indianautosblog, Rabu (23/9/2015), ketiga mobil murah tersebut yang dilakukan tes tabrak merupakan versi mobil yang memiliki fitur keamanan kantong udara (air bag). Hasilnya Daihatsu Ayla dan Toyota Agya dengan dual air bag mendapatkan bintang 4/5. Sedangkan Datsun Go hanya mendapatkan bintang 2/5.

Advertisement

Menanggapi hasil tersebut, General Manager Technical Service PT Toyoya Astra Motor yang dijabat oleh Dadi Hendriadi menyatakan bahwa hasil uji tabrak oleh pihak Independent ASEAN NCAP tersebut membuktikan bahwa komitmen Toyota Indonesia untuk menghadirkan kendaraan yang aman dan nyaman tetap diwujudkan pada tiap modelnya, bahkan untuk model mobil murah sekalipun.

“Hasil itu didapat karena kami menerapkan GOA (Global Outstanding Assessment) pada desain bodi kendaraan serta pemasangan SRS Airbag dan Pre Tensioner pada seatbelt di semua model Toyota termasuk Agya dan Hilux,” ujar Dadi seperti dilansir KompasOtomotif, Rabu (23/9/2015).

Dadi Hendriadi menambahkan bahwa GOA sendiri memang merupakan konsep dan target Toyota untuk dapat melampaui segala jenis tes, terutama tes safety yang dilakukan oleh semua lembaga pengujian mobil di seluruh penjuru dunia.

Selain Toyota Agya yang berada pada segmentasi mobil LCGC mendapatkan hasil cukup baik dari tes tabrak tersebut, ternyata terdapat mobil Toyota lain yang juga di tes dalam uji tabrak tersebut. Mobil tersebut adalah Toyota Hilux. Namun berbeda dengan Toyota Agya, mobil double kabin andalan Toyota tersebut mendapatkan nilai sempurna pada tes tabrak. Baca juga Toyota Avanza Masih Jadi Mobil Terlaris di Indonesia dan Toyota C-HR Selangkah Menuju Produksi.

Top