Peugeot 2008 DKR16, Mobil Andalan Peugeot Sport untuk Rally Dakar 2016

Peugeot 2008 Dengan Bodi Lebih Panjang dan Lebih Bertenaga – Demi menghadapi seri balap reli terganas di dunia yakni Rally Dakar untuk musim 2016, yang baru akan mulai pada bulan Januari tahun depan, Peugeot Sport telah mempersiapkan segalanya mulai bulan ini. Salah satunya yakni mobilnya, mereka telah mempersiapkan senjata terbaik pada perlombaan reli paling bergengsi di dunia tersebut dengan merombak Peugeot 2008 yang lebih mumpuni. Meskipun menggunakan basis mobil reli tahun 2008 lalu, namun ubahan yang diberikan pada mobil baru andalan Peugeot Sport untuk musim depan tidak bisa di remehkan oleh para rivalnya. Sebab mobil Peugeot yang memiliki nama Peugeot 2008 DKR16 memiliki dimensi yang besar dan panjang yang dapat menghasilkan keseimbangan, handling dan performa lainnya yang lebih baik. Untuk dimensinya sendiri lebih panjang 200 mm dan lebih lebar 200 mm dari model sebelumnya. Sedangkan untuk ketinggiannya, Peugeot lebih memilih untuk mereduksinya namun tidak disebutkan berapa banyak ketinggian yang dikurangi pada mobil mereka.

Peugeot 2008 DKR16

Seperti dikutip oleh Mas Sena dari laman Worldcarfans yang dirangkum Metrotvnews, Peugeot Sport membuat mobil reli andalan mereka memiliki overhang depan dan belakang lebih pendek. Dengan hal tersebut menurut mereka akan dapat meningkatkan kemampuan mobil Peugeot ini dalam melewati berbagai medan yang suli. Bahkan juga dapat meningkatkan down force atau gaya tekanan yang menghasilkan akselerasi dan kecepatan yang makin baik.

Advertisement

Tidak hanya dimensinya dan bodinya saja yang diubah. Namun Peugeot Sport juga mengubah livery dari mobil andalan mereka yang akan tampil di ajang balap Rally Dakar 2016. Jika sebelumnya livery dengan tampilan sponsor utama Red Bull dan Total dibuat berwarna. Maka untuk musim 2016 mendatang livery dua sponsor besar tersebut hanya dibuat dalam tampilan black and white. Meskipun begitu tampilan baru tersebut malah membuat mobil Peugeot ini nampak lebih gahar dari model sebelumnya.

Pada bagian kaki-kakinya mengunakan velg magnesium yang dibungkus dengan ban Michelin yang dapat menghasilkan daya cengkram dan laju yang handal.

Sedangkan untuk dapur pacunya sendiri ternyata juga diubah oleh Peugeot Sport, yang mana para teknisi menyempurnakan kinerja mesin diesel berkonfigurasi V6 yang berkapasitas 3.000 cc dengan dukungan perangkat twin-turbo. Penyempurnaan tersebut membuat tenaganya terkail menjadi 10 Hp lebih besar atau menjadi 350 Hp dengan torsi yang menyentuh 800 Nm. Dengan ubahan tersebut nampaknya Peugeot Sport sudah siap mengarungi setiap ajang balap Rally Dakar 2016 mendatang. Baca juga New Peugeot 3008 Mengaspal di Indonesia dan Rupiah Terus Melemah, Harga Mobil Peugeot Terus Melonjak.

Top