Pemerintah India Tuntut Investigasi Volkswagen

Akibat Skandal Emisi, Lembaga Riset Diminta Investigasi VW Group – Setelah beberapa waktu lalu Volkswagen dikenai berita miring terkait pemalsuan data emisi diesel yang mengakibatkan diberhentikannya salah satu petinggi VW. Kini ternyata masalah tersebut berbuntut panjang, Pasalnya kali ini terdengar kabar bahwa Pemerintah India meminta Lembaga Riset untuk melakukan investigasi.

akibat-skandal-emisi-lembaga-riset-diminta-investigasi-vw-group

Automotive Research Association of India (ARAI) diminta oleh Pemerintah India untuk melakukan investigasi atau penyelidikan terhadap mobil produksi dari Volkswagen yang dipasarkan di negerinya. Langkah tersebut menyusul laporan mengenai dugaan manipulasi data tingkat emisi serta konsumsi bahan bakar  mobil pabrikan Jerman tersebut.

Berdasarkan rangkuman dari oto.detik yang didasari laporan Indianautosblog, Jumat (25/09/2015), yang menyatakan bahwa akibat yang disebabkan oleh manipulasi tersebut akan berdampak terhadap sedikitnya 11 juta mobil produksi VW. Rajan Katoch, selaku Menteri Industri Berat India, meminta ARAI untuk memeriksa perangkat lunak yang dikabarkan sebagai biang dari skandal yang terjadi.

Pada awal pekan ini, VW dinyatakan telah terbukti melakukan instalasi sebuah software pada jenis mesin diesel EA 189 yang telah dipasarkan di Amerika. Perangkat yang terpasang pada Electronic Control Modul itu dapat melakukan deteksi pada saat mobil dalam masa tes uji coba emisi sehingga tingkat emisi serta konsumsi bahan bakar mobil akan terlihat lebih sedikit daripada yang sesungguhnya.

Berita yang sebelumnya beredar dari dampak kasus ini, menyatakan bahwa sekurang-kurangnya ada 500.000 mobil VW dan Audi yang akan terkena dampaknya. Namun, VW telah mengumumkan secara global bahwa telah ada 11 juta kendaraan yang kemungkinan bakal terkena imbasnya.

Untuk jenis mobil yang akan menerima dampak tersebut bukan hanya mobil yang dipasarkan di Amerika dan India saja, namun ternyata pasaran Eropa juga telah menyatakan bahwa mobil dengan mesin diesel 1.600 cc dan 2.000 cc juga akan menerima dampak yang terjadi. Begitulah yang dinyatakan oleh Alexander Dobrindt selaku Menteri Transportasi Jerman.

Kabar tentang berhentinya Chief Executive Officer VW juga telah diterima oleh dewan pengawas pabrikan mobil Jerman tersebut. Dan kini tugas dari Winterkom sementara dialihkan kepada Matthias Muller yang tak lain adalah CEO dari Porsche.  Baca juga Volkswagen Alami Banyak Kerugian Akibat Palsukan Data Emisi Mesin Diesel dan Akibat Sengketa, Suzuki ‘Buy Back’ Saham dari VW Group

Top