CEO VW Resmi Mengundurkan Diri

CEO Volkswagen Resmi Melepaskan Jabatan – Skandal ‘dieselgate’ yang menerpa Vokswagen mulai membuat pabrikan asal Jerman itu kelimpungan. Selang beberapa hari setelah pemerintah India menuntut investigasi terhadap VW, sang CEO, Martin Winterkorn, memilih untuk mengundurkan diri. Kabar mengenai mundurnya orang nomor satu di Volkswagen ini tentunya semakin menyudutkan VW.

ceo-volkswagen-resmi-melepaskan-jabatan

Seperti kita tahu, Volkswagen Group memang sedang diterpa skandal besar ‘dieselgate’ yang melibatkan sekitar 11 juta mobil di mana VW menyematkan ‘alat spesial’ untuk mencurangi uji emisi. Pernyataan CEO VW ini berselang beberapa hari setelah berita mengenai skandal itu menyebar secara luas ke pelosok dunia.

Advertisement

“Sebagai CEO saya bertanggung jawab atas adanya kecurangan pada mesin diesel dan saya telah meminta langsung kepada Supervisory Board untuk setuju mengakhiri wewenang saya sebagai CEO dari Volkswagen Group. Saya melakukan ini demi kepentingan perusahaan meskipun saya tidak terlibat langsung dalam semua kejadian ini.” ujar Winterkorn.

Secara pribadi, Winterkorn mengaku sangat terkejut dengan skandal yang mecoreng nama besar Volkswagen. Ia pun juga sempat heran mengapa kesalahan dengan skala sebesar ini bisa menimpa Volkswagen Group.

“Saya selalu menikmati masa-masa saya di perusahaan ini, terutama kepada konsumen kami dan juga karyawan. Volkswagen telah menjadi, dan akan selalu menjadi bagian dari hidup saya. Proses klarifikasi dan transparansi harus terus berlanjut. Hanya ini cara untuk mendapatkan kepercayaan konsumen lagi. Saya yakin jika Volkswagen Group dan tim akan dapat mengatasi krisis besar ini,” lanjut Winterkorn.

Lebih lanjut, Winterkorn juga menyarankan agar VW mulai menentukan awal yang baru, dalam hal ini adalah mengangkat penggantinya serta melakukan perombakan di jajaran manjemen. Sebagai informasi, Martin Winterkorn adalah merupakan CEO dengan bayaran tertinggi di Jerman. Jika tak ada skandal, ia sebenarnya direncanakan untuk memperpanjang masa baktinya di Volkswagen Group selama dua tahun ke depan.

Sementara itu, skandal manipulasi kadar emisi gas kendaraan yang dilakukan oleh Volkswagen berimbas hingga Amerika Serikat. Lebih parahnya, skandal besar yang menimpa VW ini diperkirakan sangat memukul industri otomotif di Jerman serta bisa memicu timbulnya krisis baru di kawasan Eropa.

Volkswagen saat ini mempekerjakan sekitar 2.700 karyawan atau setara dengan sepertiga dari total pekerja industri otomotif Jerman yang mencapai 775.000 orang. Jika keadaan semakin memburuk, dipastikan akan berpengaruh juga ke perekonomian di Jerman dan Eropa. Baca juga Akibat Skandal Emisi, Lembaga Riset Diminta Investigasi VW Group dan Bentley Berniat Ciptakan Hypercar Baru di Hut ke-100.

Top