Skandal VW, Kini Audi dan Porsche Menyusul untuk Diinvestigasi

Setelah VW Kini Audi dan Porsche Masuk Inverstigasi – Skandal Volkswagen yang memalsukan uji emisi di Amerika Serikat demi mendongkrak angka penjualan memang dinilai sangat memalukan. Bahkan pemalsuan uji emisi yang dilakukan oleh Volkswagen (VW) tergolong sebagai kejadian yang unik dan langka, dimana  VW memasang parangkat lunak atau software yang bisa diprogram untuk memanipulasi emisi gas buamng mobil bermesin diesel yang diproduksi oleh VW.

Skandal VW Kini Audi dan Porsche Menyusul untuk Diinvestigasi

Akibat skandal tersebut, kini VW dirugikan sendiri dengan ulahnya. Setelah terkuaknya skandal tersebut, VW tidak boleh lagi menjual mesin diesel untuk pasar Amerika Serikat, bahkan VW bisa saja bangkrut karena saat ini denda ratusan triliun rupiah tengah menanti mereka. Efek dari skandal ini juga mengakibatkan anjoknya saham VW, dan membuat  Chief Executive Officer VW, Martin Winterkorn, mau tidak mau harus meletakkan jabatannya dari perusahaan ini.

Apakah hanya itu efeknya? Rupanya saat ini, skandal yang dilakukan VW juga berimbas pada produsen lainnya. Adalah Audi dan Porsche yang merupakan dua perusahaan di bawah naungan VW Group. Diberitakan oleh beberapa media internasional, Audi dan Porsche akan masuk dalam proses investigasi akibat skandal tersebut. Hal ini lantaran beberapa mobil yang diproduksi oleh Audi dan Porsche ada yang menggunakan mesin diesel buatan VW yang sudah dimanipulasi uji emisinya.

Ada beberapa mobil keluaran Audi yang dicurigai akan masuk dalam investigasi, mobil Audi tersebut antara lain  Q5, A6, A7, dan A8. Sementara untuk Porsche, mobil yang diprediksi akan masuk dalam ranah investigasi adalah mobil yang saat ini menjadi seri paling laris dari Porsche, yaitu Cayenne. Beberapa mobil di atas adalah mobil yang dibekali dengan mesin diesel buatan VW berkapasitas 3.000 cc dimana mesin tersebut adalah mesin VW yang terkena kasus manipulasi emisi gas buang.

separator

Sebenarnya bukan hanya tipe di atas saja yang akan terkena dampak. VW mengumumkan bahwa akibat skandal ini akan ada kurang lebih 11 juta mobil yang akan terkena dampak. Tak hanya mobil yang menggunakan mesin diesel 3.000 cc, mobil diesel bermesin 1.600 dan 2.000 cc yang dijual VW di Eropa akan turut terkena dampak skandal tersebut. Baca juga CEO Volkswagen Resmi Melepaskan Jabatan dan Akibat Skandal Emisi, Lembaga Riset Diminta Investigasi VW Group.

Top