Pameran Otomotif Jogja Hadirkan Karya Mahasiswa

Mobil Listrik Buatan Mahasiswa UII Jogja Hadir di Pojog – Setelah anak bangsa membanggakan nama Indonesia dengan mobil Fin Komodonya yang telah merambah Internasional, kini pada ajang Pojog (Pameran Otmotif Jogja) kembali menghadirkan otomotif karya anak bangsa lebih spesifiknya yaitu karya Mahasiswa UII Yogyakarta.

mobil-listrik-buatan-mahasiswa-uii-jogja-hadir-di-pojog

Sekelompok Mahasiswa berprestasi yang berasal dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta telah berhasil menciptakan sebuah karya otomotif yang patut dibanggakan yaitu mobil listrik. Mobil listrik canggih tersebut dapat dikendalikan dengan sistem aplikasi yang tertanam pada platform Android. Jadi pengguna hanya cukup melakukan download aplikasi Android tersebut kemudian aplikasi akan mampu menjalankan mobil secara nirkabel.

Mobil listrik Android tersebut dapat dikendalikan dengan sangat canggih dan sederhana seperti yang telah dijelaskan oleh Yanuar Anaba salah seorang yang turut serta membuat mobil tersebut.

Advertisement

Seperti penuturan dari Yanuar yang telah dirangkum dari halaman Metronews.com, Senin (28/09/2015),”Kita harus download dulu aplikasinya di Android. Lalu hidupkan aplikasi tersebut kea rah mobil untuk mulai mengendalikannya. Bisa juga dikendarai langsung tanpa menggunakan aplikasi Android,” ujarnya di Pojog.

Dirinya juga menambahkan bahwa mobil tersebut dibuat pada tahun 2013 lalu. Saat itu sedang gencar-gencarnya penciptaan mobil listrik, kemudian para Mahasiswa UII juga memiliki keinginan untuk menciptakan mobil listrik yang lebih unik dan berbeda dari lainnya. Memanfaatkan kesempatan dengan populernya gadget dengan platform Android, dari situlah ide tersebut muncul.

Mobil ciptaan Mahasiswa Teknologi Industri UII ini memiliki desain yang mirip dengan mobil balap Formula 1. Namun, untuk segi bentuk memiliki ukuran yang lebih kecil serta hanya dapat menampung satu orang saja. Untuk bodi pada mobil ini terbuat dari bahan besi yang dicat dengan warna biru. Sementara untuk motor penggerak listrik, masih menggunakan aki berkekuatan 1,6 Kilowatt. Kemudian untuk pengisian, mobil ini memerlukan waktu sekitar 6 jam charge untuk ketahanan baterai selama 5 jam untuk kecepatan 15 km/jam. Mobil listrik mini tersebut juga mampu melaju pada kecepatan maksimal 50 km/jam.

Mobil tersebut memakan biaya produksi total sekitar Rp 50 juta untuk 1 unit, ditambah dengan riset maka total biaya produksi sekitar Rp 70 juta. Baca juga Bentley Berniat Ciptakan Hypercar Baru di Hut ke-100 dan Balap F1 Pertimbangkan Penggunaan Kursi Pelontar

Top