Tesla Bangun Pabrik Baru di Belanda, Pertama di Eropa

Tesla Bangun Pabrik Baru di Eropa – Setelah cukup sukses dalam memasarkan produk mobil listrik andalanya di pasar otomotif global, akhirnya Tesla membangun pabrik baru di luar Amerika, tepatnya di Eropa. Perusahaan mobil listrik asal Negeri Paman Sam tersebut ternyata memilih Belanda sebagai tempat perakitan pabrikan mobil tesla pertama di wilayah Benua Biru.

Tesla Bangun Pabrik Baru di Belanda, Pertama di Eropa

Dilansir oleh laman Autoexpress, Senin (28/9/2015), diberitakan bahwa pembukaan pabrik perakitan mobil listrik pertama di Eropa yang terletak di Tilburg, Belanda tersebut diresmikan secara langsung oleh CEO Tesla Motors yakni Elon Musk.

Dari informasi yang ada pabrikan baru Tesla di Negeri Bunga Tulip tersebut memiliki luas mencapai 77.648 meter persegi. Di mana pabrikan mobil Tesla Pertama di Eropa yang berada dekat dengan perbatasan Belgia tersebut akan memproduksi salah satu model mobil listrik Tesla yakni Model S.

Advertisement

Pabrikan baru Tesla Motors tersebut pun nantinya akan memenuhi semua permintaan mobil listrik Tesla Model S untuk pasar otomotif Inggris dan negara-negera Eropa lainnya. Dari pernyataan Tesla Motors, pabrikan baru tersebut dapat memproduksi mobil listrik Tesla Model S dengan jumlah total mencapai 450 unit per minggunya.

Di ketahui bahwa pabrik baru ini hanya akan merakit komponen mobil lokal dari Tesla Model S saja. Beberapa bagian utama yang ada pada Tesla Model S tetap diproduksi di pabrikan utama Tesla Motors yang berlokasi di Fremont, California, Amerika Serikat. Dari informasi yang ada Pabrik Tesla di Tilburg, Belanda nantinya akan merakit beberapa komponen yakni baterai, power train, dan rear axle. Tesla Motors pun menyatakan bahwa pabrik pertama di Eropa ini akan menjadi pabrik yang memiliki indoor test track sehingga proses produksi hingga ujicoba dapat dilakukan dengan maksimal.

Nantinya pabrik tersebut juga akan bertugas untuk menjaga quality control, pengujian noise, vibration, dan harshness level sebelum mobil listrik Tesla dikirim kepada konsumen. Menariknya setelah memproduksi Tesla Model S, nantinya pabrikan tersebut juga akan memproduksi model Tesla lainnya seperti SUV Tesla yakni Model X. Baca juga Mobil Listrik Bakal Sesaki Jalan di 2025 dan Tesla Mau Masuk Indonesia, Namun Ada Tapinya.

Top