Waduh! Negara Ini Jadi Tempat Pembuangan Mobil Curian Inggris

Uganda Menjadi Pusat Pembuangan Mobil Curian Inggris – Pencurian mobil memang terjadi di berbagai penjuru, bukan hanya di Indonesia saja. Kini, para pencuri juga lebih cerdas dalam melenyapkan barang bukti curian tersebut untuk menghilangkan jejak. Salah satunya yaitu dengan menjualnya ke negara lain.

uganda-menjadi-pusat-pembuangan-mobil-curian-inggris

Sebenarnya memang ada beberapa cara yang dilakukan oleh para pencuri untuk melenyapkan barang bukti tersebut. Beberapa pencuri juga ada yang menjualnya berupa mesin dan sparepat lain yang dipreteli. Namun, hal tersebut memang diperkirakan cukup ribet dibandingkan dengan langsung menjualnya di negara lain yang cukup jauh agar tak dapat terdeteksi.

Uganda, menjadi salah satu negara yang menjadi sasaran pembuangan mobil curian dari Inggris. Menurut informasi yang dilansir dari Motorque, Selasa (29/09/2015) menyatakan bahwa beberapa detektif asal Inggris tersebut berhasil membongkar sebanyak 28 unit mobil curian yang saat ini berada di negara penampung tersebut.

Informasi tersebut mulai terbongkar melalui sebuah alat pelacak yang terdapat pada Lexus RX450h yang dibeli dengan harga 50 ribu Pound Sterling atau setara dengan Rp 1,11 miliar. Sang pemilik mobil langsung saja mengaktifkan alat pelacak pada saat mengetahui mobilnya telah dicuri. Dari situlah awal mula terbongkarnya sindikat pencurian mobil tersebut.

Dilanjutkan dengan pelacakan yang dilakukan oleh National Crime Agency yang melacak perjalanan dari mobil premium yang dicuri tersebut dengan menggunakan smartphone. Hal serupa juga dilakukan oleh kepolisian Inggris hingga pada akhirnya perjalanan berakhir pada Ibu Kota Uganda, Kampala.

Paul Stanfield selaku Regional Manager National Crime Agency juga mengungkapkan bahwa mereka bekerja sama dengan polisi dan layanan keamanan di Kenya dan Uganda untuk membongkar jaringan kriminal Internasional dalam pencurian mobil-mobil mewah di Inggris.

Pada lokasi tersebut ditemukan 28 unit mobil mewah lain yang juga diselundupkan. Apabila dihitung secara keseluruhan, mobil yang telah dicuri tersebut bernilai sekitar Rp 22,35 miliar.

Menurut pelacakan yang dilakukan oleh detektif, Hasil data dari Lexus menyatakan bahwa perjalanan mobil curian tersebut sempat berlayar ke Le Harve di Perancis menggunakan kapal Feri. Kemudian berlayar pada Laut Mediterania, Terusan Suez, kemudian ke Oman dan berkhir di Mombasa, Kenya.   Baca juga Jalan Raya di Indonesia Seperti Arena Jagal Massal dan Tesla Bangun Pabrik Baru di Eropa

Top