Munculnya Skandal Emisi, Volkswagen Umumkan “Recall” 11 Juta Kendaraannya

Volkswagen Umumkan Penarikan 11 Juta Kendaraannya – Skandal pemalsuan data pada uji emisi mobil di Amerika Serikat oleh pabrikan mobil asal Jerman, Volkswagen beberapa waktu lalu memang dinilai sangat memalukan.  Dengan beredarnya berita negatif yang menimpa raksasa otomotif asal Jerman tersebut pun begitu cepat menyebar tersebut pun akan sangat merugikan perusahaan itu sendiri karena bisa saja konsumen setia Volkswagen akan berpaling. Tidak hanya itu denda dengan nilai ratusan triliun rupiah pun telah menanti yang membuat Volkswagen mungkin bisa saja bangkrut. Meskipun begitu perusahaan otomotif yang memiliki lambang “VW” ini mulai membenahi kesalahan yang ada. Mulai dari mundurnya CEO Volkswagen, Martin Winterkorn. Sampai dengan keputusan untuk menerapkan proses penarikan (Recall) terhadap belasan juta mobilnya yang tersebar di seluruh dunia.

Volkswagen Umumkan Penarikan 11 Juta Kendaraannya

Seperti dilanisr oleh laman Worldcarfans, saat ini Volkswagen telah mengumumkan proses penarikan atau Recall terhadap 11 juta mobil Volkswagen yang terindikasi terkena skandal emisi gas buang mereka. Demi melancarkan proses tersebut, perusahaan otomotif raksasa asal Jerman ini telah menyiapkan dana yang besar yakni sebesar EUR6,5 juta atau setara dengan Rp107 miliar.

Advertisement

Lebih lanjut lagi, Volkswagen nantinya akan menarik mobil mereka yang menggunakan mesin turbodiesel dengan kode EA189 buatannya. Penarikan tersebut nantinya akan dilakukan sejumlah proses perbaikan, diantaranya melakukan pengaturan ulang pada perangkat lunak mesin diesel tersebut agar dapat sesuai dengan standar emisi yang berlaku.

Skandal pemalsuan emisi gas buang pada mobil diesel Volkswagen memang begitu mempengaruhi stabilitas perusahaan buktinya setelah berita negatif tersebut menyebar, saham Volkswagen langsung anjolok hingga 20 persen. Selain mempengaruhi stabilitas perusahaan, ternyata skandal tersebut juga mempengaruhi rencana mereka yang akan terjun ke ajang balap Formula (F1). Di mana kerjasama antara Volkswagen dan tim Red Bull Racing untuk balap F1 musim 2018 mendatang terancam batal. Apabila hal tersebut benar-benar akan terjadi maka tentu saja akan merugikan bagi kedua belah pihak. Baca juga CEO Volkswagen Resmi Melepaskan Jabatan dan Setelah VW Kini Audi dan Porsche Masuk Inverstigasi.

Top