8 Bulan Pertama 2015, Ekspor Toyota Capai 122.000 Unit

Ekspor Toyota Capai 122.000 Unit – Salah satu raksasa ATPM mobil di Indonesia, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) baru saja mengumumkan dalam periode bulan Januari sampai bulan Agustus 2015, TMMIN telah berhasil meningkatkan jumlah ekspor kendaraan dengan sistem CBU (Completely Built Up) lewat brand Toyota. Dalam delapan bulan pertama tahun 2015, jumlah ekspor mobil Toyota untuk berbagai negara sudah mencapai 122.000 unit atau sudah 70 persen dari target satu tahun, dimana Toyota menargetkan ekspor mobil dengan jumlah sebesar 175.00 unit untuk tahun 2015.

Ekspor Toyota Capai 122.000 Unit

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh perwakilan Toyota Indonesia kepada media. “Hingga saat ini kinerja ekspor kami sesuai dengan rencana. Kami harapkan, dalam empat bulan ke depan performa ini bisa terjaga, sehingga target dapat dicapai sesuai dengan harapan,” ujar I Made Dana Tangkas selaku Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN, dikutip dari Autocar Indonesia, Rabu (30/9/2015).

Bila melihat jumlah penjualan ke luar negeri yang sudah dilakukan oleh TMMIN lewat volume ekspor CBU pada periode Januari sampai Agustus 2015, berarti penjualan ekspor untuk Toyota mengalami peningkatan volume kendaraan untuk ekspor, sekitar 25 persen dari periode yang sama sebelumnya yaitu Januari sampai Agustus 2015. Dimana pada waktu itu, TMMIN hanya berhasil membukukan jumlah ekspor kendaraan sebesar 97.000 unit untuk delapan bulan pertama tahun 2014.

“Kami berterimakasih kepada seluruh rantai suplai terutama para pemasok yang telah membantu pencapaian ekspor ini. Tanpa adanya sinergi dirantai operasi Toyota Indonesia dan grup, maka kinerja ekspor yang baik ini tidak dapat diwujudkan dengan baik,” tambah Made Dana.

Lalu mobil apa yang paling banyak menyumbang ekspor untuk Toyota? Berdasarkan data ekspor dari TMMIN, mobil SUV andalan Toyota, yaitu Fortuner menjadi mobil yang paling banyak diekspor dengan jumlah pengiriman untuk pasar global mencapai 34.000 unit. Untuk tempat kedua ada sedan Vios yang berhasil mencatat volume ekspor sebanyak 33.000 unit, dan di peringkat ketiga terdapat MPV Kijang Innova yang turut menyumbang penjualan sebanyak 12.000 unit. Untuk model lain seperti Avanza, Town Ace/Town Lite, Agya, Rush, dan Yaris juga berhasil mencatat volume ekspor sebanyak 43.000 unit.

Tercatat saat ini lebih dari 70 negara di kawasan asia Pasifik, Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika menjadi tujuan ekspor Toyota Indonesia. Baca juga Toyota Prius Akan Gunakan Sistem AWD dan Volkswagen Umumkan Penarikan 11 Juta Kendaraannya.

 

Top