Ini Dia, Motor Butut Termahal di Australia

Harley Davidson, Motor Butut dengan Rekor Lelang Termahal – Sebuah sepeda motor butut dan lawas tidak selalu berakhir menjadi rongsokan yang tidak terpakai. Namun kini, telah banyak para pecinta motor-motor lawas nan butut untuk digunakan sebagai koleksi barang antik. Contohnya seperti Harley Davidson.

harley-davidson-motor-butut-dengan-rekor-lelang-termahal

Merupakan sebuah motor butut pertama sebagai pemecah rekor dengan nilai lelang termahal di Australia. Harley Davidson berhasil terjual dengan harga mencapai 600 ribu dollar Australia atau setara dengan Rp 6,14 miliar. Sepeda motor usang yang telah tersimpan selama 50 tahun ini memiliki kondisi yang sangat butut dan tidak terawat.

Seperti kutipan dari Drive, Rabu (30/09/2015), yang mengatakan bahwa sepeda motor tersebut diberi nama Class C yang diproduksi pada tahun 1927-an. Si Class C ini terbentuk dengan spesifikasi secara teknis dari mesin FHA V-twin dengan delapan katup.

Class C ini juga diproduksi oleh pabrikan Harley Davidson sekitan 50 unit di seluruh dunia pada periode 1920-an. Dulunya, Class C ini dirancang dan dibangun secara khusus sebagai motor balap dengan sespan. Motor tersebut dibangun khusus untuk melakukan balapan pada trek lintasan yang berbentuk oval.

Untuk bahan bakar, motor lawas nan butut ini menggunakan kombinasi antara alkohol dari kayu sebanyak 75 persen dan bensol sebanyak 25 persen.

Menurut sebuah deskripsi yang diambil dari buku panduan, penggunaan bahan bakar tersebut memiliki tujuan untuk menghasilkan kecepatan yang sangat bagus dan luar biasa pada trek papan kayu ataupun tanah. Untuk masalah harga, memang dirancang untuk menghindari persaingan harga dengan motor-motor balap dari pabrik lain.

Lelang yang dilaksanakan pada sepanjang pekan lalu mengundang banyak penawaran dari seluruh penjuru dunia akan sepeda motor lawas Harley Davidson Class C ini. Namun harga final telah sampai pada harga tertinggi 600 ribu dollar Australia yang entah dimenangkan oleh siapa, karena pihak rumah lelang Shannon enggan mengungkapkan siapa yang berhasil membeli sepeda mototr Class C tersebut.

Namun memang berita ini sungguh mengejutkan karena dari penampilan fisiknya saja, motor ini sudah sangat usang dan siapa sangaka masih ada yang berani membelinya dengan sejumlah uang bernilai miliaran rupiah. Baca juga Suzuki Berencana Bangun Ulang GSX-R750 dengan Komponen Baru dan Ada Motor yang Bisa Berjalan 500 km Hanya dengan Seliter Air

Top