Teknologi Otomotif Terbaru, Selamatkan Nyawa Manusia

Driving Assist, Penyelamat Banyak Nyawa Manusia – Semakin berkembangnya kemajuan teknologi keselamatan dan keamanan otomotif, memang telah banyak tercipta perangkat-perangkat canggih yang mampu memberikan perlindungan pada pengendara. Teknologi Driving Assist yang tercipta memang telah mengurangi adanya resiko kecelakaan yang merenggut banyak nyawa.

driving-assist-penyelamat-banyak-nyawa-manusia

Seperti kali ini, teknologi keselamatan terbaru yang bernama Automatic Braking System yang terdiri dari sensor-sensor yang dapat mencegah hampir pada angka 10 ribu kematian yang diakibatkan oleh kecelakaan lalu lintas serta dapat menghemat lebih dari US$251 miliar pengeluaran. Begitulah hasil dari riset yang telah dirilis dari Boston Consulting Group.

Advertisement

Xavier Mosquet selaku North American leader of the firm’s automative practice seperti hasil dari lansiran halaman Automotive News, Rabu (30/09/2015) yang menyatakan bahwa sebagian besar kecelakaan yang terjadi di Amerika Serikat disebabkan oleh kesalahan pengemudi sendiri. Dengan mengadopsi teknologi canggih tersebut dapat meminimalisir dampak dari kesalahan pengemudi tersebut.

Namun yang menjadi kendala adalah belum banyak atau menyebarnya pabrikan yang memasang fitur tersebut sebagai standar keamanan. Contohnya sistem keamanan kamera surround-view yang sampai saat ini saja baru terpasang sekitar 1 persen pada mobil-mobil terbaru yang kabarnya baru diprediksi akan meningkat hingga 4 persen pada tahun 2020 mendatang. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa keseluruhan dari sistem tersebut akan berkembang sekitar 5 persen untuk setiap tahunnya.

Menurut pihak-pihak yang terkait, konsumen diperkirakan akan bersedia untuk membayar harga yang lebih mahal demi untuk mendapatkan fitur keselamatan tersebut asalkan adanya konfirmasi dan penjelasan secara jelas dari pihak pabrik produksinya.

Boston Consulting juga mennambahkan, bahwa masih banyak dealer-dealer mobil yang masih kurang jelas dalam melakukan konfirmasi dan menjelaskan tentang sistem keselamatan tersebut, sehingga masih banyak konsumen yang kurang memahami secara spesifik tentang fitur keselamatan yang diterapkan tersebut.

Selain mendapatkan keamanan yang lebih, sistem keselamatan dengan driving assist juga akan membuka jalan pada pengembangan mobil otonomos (mobil tanpa pengemudi). Sebuah teknologi yang memungkinkan mobil akan beroperasi tanpa pengemudi ini diklaim akan mampu mengurangi kemungkinan kecelakaan hingga 90 persen. Baca juga Otonomos, Mobil Tanpa Kemudi Kini Mulai Diterima Masyarakat dan All New Honda Accord 2015 Dilengkapi dengan Tiga Fitur Baru untuk Keselamatan

Top