Resmi Diperkenalkan, Satu-satunya SUV Listrik Buatan Tesla

Tesla Perkenalkan Satu-satunya SUV Listrik Ciptaan Mereka – Produsen mobil listrik, Tesla, akhirnya memperkenalkan varian sport utility vehicel atau SUV ciptaan mereka. Bertempat di Fremont, California, Amerika Serikat, Tesla secara resmi memperkenalkan Tesla Model X yang akan menjadi satu-satunya SUV bertenaga listrik buatan perusahaan mobil listrik asal Negeri Paman Sam tersebut.

tesla-perkenalkan-satu-satunya-suv-listrik-ciptaan-mereka

Seperti dilansir oleh Tempo pada Rabu (30/9) Tesla Model X kemungkinan besar akan dibanderol dengan harga lebih dari USD75 ribu, atau setara dengan sekitar Rp 1,1 miliar. Meski sudah memperkenalkan SUV listrik racikannya kepada publik, namun hingga kini pihak Tesla sendiri belum merilis harganya secara resmi.

Advertisement

Kepala Eksekutif Tesla Motor, Elon Musk, memberi gambaran jika produksi Tesla Model X memerlukan biaya hingga mendekati USD75 ribu, sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan produksi mobil listrik lainnya. Tesla Model X sendiri sejatinya telah dipersiapkan sejak tahun 2012 silam, untuk kemudian dipasarkan secara global pada tahun 2014. Namun rencana itu tertunda lantaran Tesla menginginkan desain Model X benar-benar sempurna.

“Kami hanya ingin menghadirkan mobil yang hebat,” kata Musk.

Meski mengaku sangat optimis dengan kemampuan SUV listrik perdananya, Musk sendiri belum terlalu yakin jika Model X mampu mengerek angka penjualan mobil listrik Tesla. Sebelumnya, ia menurunkan proyeksi penjualan dari 55 ribu menjadi 50 ribu lantaran berbagai faktor. Musk juga mengakui jika pemasaran Tesla Model X akan menghadapi tantangan berat, salah satunya adalah pasar otomotif dan perekonomian global yang sedang lesu.

Sebagai informasi, Model X ini menjadi seri ketiga dari kendaraan listrik buatan Tesla, sekaligus menjadi model SUV pertama. Sebelumya, Tesla juga sudah memiliki varian supercar bernama Tesla Model S dan juga Tesla Roadster. Dengan hadirnya SUV terbarunya, Tesla diperkirakan menjadi penguasa pasar mobil listrik di Amerika Serikat dan  negara maju lainnya.

Kini, Tesla menjadi satu-satunya pabrikan yang memiliki varian SUV bertenaga listrik setelah Toyota menghentikan proyek dan pemasaran RAV4 EV. Pesaing Tesla Model X diperkirakan baru akan datang pada tahun 2018 apabila Audi Q6 dan Q7 e-Tron benar-benar terwujud. Baca juga Antisipasi Audi Hadapi SUV Listrik dari Tesla dan Mode Berkendara Ludicrous, Bikin Mobil Tesla Makin Cepat Melesat.

Top