Ketahuilah, Enam Peristiwa Besar yang Pernah Melanda Industri Otomotif Global

Enam Masalah Besar yang Pernah Melanda Industri Otomotif Global – Saat ini jika kita perhatikan progress yang terjadi pada industri otomotif global, banyak hal menarik yang bisa kita tangkap dari perkembangan dunia otomotif. Mulai dari konsep baru mobil, teknologi canggih, penemuan baru di bidang bahan bakar, juga yang terakhir cukup menggemparkan adalah skandal uji emisi.

Enam Peristiwa Besar Pernah Melanda Industri Otomotif Global

Dilansir dari Kompas Otomotif, Kamis (1/10/2015) ada enam peristiwa besar yang pernah melengkapi lika-liku sejarah industri otomotif di dunia. Simak catatannya di bawah ini.

Pertama adalah skandal yang dilakukan Volkswagen (VW) untuk hasil emisi pada mesin diesel di Amerika Serikat berhasil membuka fakta baru bahwa VW berbuat curang demi mendongkrak penjalan. Imbas dari skandal ini adalah penarikan massal terhadap 11 juta mobil VW di seluruh dunia dan saat ini VW tengah bersiap-siap untuk menghadapi tuntutan dari berbagai macam pihak.

Peristiwa kedua adalah, skandal yang dilakukan General Motors (GM) yang harus menarik 2,6 juta mobilnya karena masalah pengapian.

separator

Peristiwa ketiga lainnya berasal dari peristiwa yang dialami oleh produsen airbags asal jepang, Takata, yang berimbas pada penarikan kendaraan mencapai 17 juta dari 10 produsen otomotif. Takata juga bertanggung jawab membuat pengemudi dan penumpang meninggal dunia saat terjadi kecelakaan hebat akibat airbags produksinya tak berfungsi maksimal saat terjadi kecelakaan.

Peringkat keempat, peristiwa mencengangkan juga pernah terjadi pada raksasa otomotif Toyota yang pada tahun 2009 kemarin harus menarik lebih dari 12 juta kendaraannya akibat masalah karpet. Ternyata saat pengemudi menginjak pedal gas, maka terhalang karpet dan tak bisa kembali lagi.

Peristiwa kelima, terjadi pada tahun 2000 dan yang ketiban apes adalah Ford. Ford Explorer mengalami masalah besar akibat penggunaan ban dari Firestone yang dinilai cacat produksi. Akibatnya, Ford harus melakukan recall untuk 6,5 juta unit kendaraan dan 13 juta unit ban.

Peristiwa keenam sekaligus menjadi peristiwa terakhir pada segmen kali ini, adalah skandal yang dialami oleh Audi. Peristiwa ini terjadi jauh di belakang kelima peristiwa lain yaitu pada tahun 1985, dimana pada tahun tersebut Audi harus menarik 75.000 unit kendaraannya, kemudian disusul 12.000 unit pada tahun 1991. Masalahnya terjadi pada model paling terkenal Audi yaitu Audi 5000 yang ternyata adalah sedan cacat produksi dan memiliki banyak masalah. Baca juga Renault Duster Oroch Bakal Panaskan Persaingan Pasar Mobil Pikap Kabin Ganda dan Porsche Menolak Tanggung Jawab Atas Kematian Paul Walker.

Top