Innova Terbaru Bakal Ditawarkan dengan Tiga Pilihan Mesin?

Toyota Innova Baru dengan Tiga Pilihan Mesin – Seperti yang sudah jamak kita ketahui, MPV tangguh andalan Toyota, Innova Terbaru saat ini dibekali dengan dua mesin yang berbeda. Mesin tersebut adalah mesin berkode 1TR-FE 2.000 cc yang diproduksi PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia(TMMIN) Sunter 1 Engine plant di pabriknya Jakarta Utara, kemudian mesin kedua adalah versi diesel yang memiliki kode mesin 2KD-FTV 2.500 cc.

Innova Terbaru Bakal Ditawarkan dengan Tiga Pilihan Mesin

Selama ini dengan pemakaian kedua mesin tersebut, Toyota Innova sangat bisa diandalkan karena masing-masing mesin menawarkan performa yang bandel, Namun hal berbeda akan ditawarkan Toyota Innova untuk ke depannya, alasannya logis, saat ini faktor efisiensi dan power mesin menjadi pertimbangan Toyota untuk memproduksi kendaraan.

“Versi diesel terbaru suaranya sangat halus dan torsi besar,” ungkap sumber resmi TMMIN yang  enggan disebut namanya, dikutip dari Otomotifnet, Sabtu, (3/10/2015).

Advertisement

Tak sulit jika mendefinisikan bahwa Toyota Innova akan memiliki dua mesin diesel pilihan, namun yang menjadi pertanyaan besar adalah kedatangan mesin terbaru berbahan bakar bensin untuk Toyota Innova. Sebagai prediksi awal, saat ini mesin diesel yang diproduksi TMMIN sudah disematkan untuk Toyota Fortuner dengan kode mesin 2GD-FTV kapasitas 2.400 cc, tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini jauh lebih besar yaitu 150 dk pada putaran 3.400 rpm dn torsi 400 Nm pada putaran 1.600-2.000 rpm.

Jika kita bandingkan dengan mesin yang terdapat di Toyota Innova, meskipun mesin 2KD-FTV memiliki kubikasi mesin yang lebih besar 100 cc namun rupanya tenaga yang dihasilkan jauh lebih ciut dengan hanya 102 dk pada putaran 3.600 rpm dan torsi 260 Nm pada putaran 1.600 rpm. Asumsinya, Toyota Innova akan memasang mesin 2GD-FTV untuk Toyota Innova seri J, E, G dan V.

Ada lagi prediksi bahwa Toyota Innova bakal memakai mesin diesel tipe 1GD-FTV berkapasitas 2.800 cc yang mampu hasilkan tenaga 177 dk pada putaran 3.400 rpm dan torsi 450 Nm. Namun mengingat mesin ini berharga mahal, tentunya TMMIN akan pikir-pikir dulu untuk menggunakan mesin ini kecuali untuk Toyota Innova seri tertinggi.

Untuk mesin bensin, demi menganut tren Dual VVT-i, sudah waktunya mesin 1TR-FE untuk diganti. Jika kita melacak keturunan mesin Toyota, saat ini ada mesin berkode 3ZR-FE dengan kubikasi 2.000 cc. Powernya jelas lebih besar yakni 143 dk pada putaran 5.600 rpm. Mesin ini diproduksi sekitar tahun 2007 dan masih digunakan untuk Toyota RAV4 2013, performanya pun tangguh serta lumayan irit bahan bakar dengan konsumsi bensin 13,4 liter per km. Baca juga Ekspor Toyota Capai 122.000 Unit dan Nominasi Mobil Terbaik Se-Asia Tenggara.

 

Top