Nasib Tim Red Bull Di Ujung Tanduk

Tim Red Bull dan Scuderia Toro Rosso Terancam Keluar dari Balapan F1 – Nasib dua tim Formula 1, Red Bull dan juga Scuderia Toro Rosso, sedang berada di ujung tanduk. CEO Pirelli, Paul Hembery menyatakan, Red Bull dan Scuderia Toro Rosso berpotensi meninggalkan balapan jet darat paling bergengsi F1. Keputusan bakal hengkang bisa terealisasi bila Red Bull tidak mendapatkan pemasok mesin.

tim-red-bull-dan-scuderia-toro-rosso-terancam-keluar-dari-balapan-f1

Hemberly menilai, bahwa jika nanti Red Bull dan Toro Rosso memutuskan untuk ‘cabut’ dari balapan F1, maka hal itu akan menjadi pukulan telak bagi F1 sendiri. Saat ini, keduanya sedang bernegosiasi agar mendapatkan mesin yang kompetitif untuk musim 2016.

“Red Bull dan Toro Rosso merupakan tim yang sangat penting. Kami mengagumi apa yang mereka lakukan untuk olahraga ini terutama dalam pengembangan pembalap seperti Sebastian Vettel,” jelas Hemberly, seperti dikutip dari laman Crash pada Kamis (1/10).

“Dari sudut kami sebagai sponsor, kehilangan kedua tim tersebut akan menjadi bencana besar bagi F1. Kami telah memberikan pendapat ke pihak Red Bull dan hanya menunggu keputusan dari Bernie (Ecclestone),” imbuh pria berusia 49 tahun tersebut.

Pirelli memang pantas ketar-ketir jika akhirnya Red Bull harus angkat kaki dari ajang Formula 1. Pasalnya, saat ini merupakan salah satu sponsor utama dari Red Bull. Keluarnya Red Bull dan Toro Rosso dari ajang jet darat juga menimbulkan dampak luar biasa bagi Pirelli. Bahkan produsen ban asal Italia itu juga terpaksa menyudahi partisipasinya di ajang F1.

Sebagian besar tim di F1 sendiri saat ini memang tidak percaya dengan kualitas Pirelli di F1. Jika Red Bull dan Toro Rosso keluar, maka hal itu akan semakin menyulitkan Pirelli sebagai pemasok ban. Sementara di lain pihak, FIA sudah menunjuk Michelin sebagai pemasok ban baru mulai 2017.

Mengenai nasib Red Bull dan Toro Rosso, edua tim itu tengah fokus mencari mesin yang kompetitif. Red Bull sendiri memang memiliki ‘jasa’ yang cukup besar di dunia balap F1 karena merekalah yang mengorbitkan Sebastian Vettel hingga menjadi juara dunia pada tahun 2010 hingga 2013. Baca juga Balap F1 Pertimbangkan Penggunaan Kursi Pelontar dan Musim Depan Rio Haryanto Merasa Ada Peluang Tampil di F1.

Top