Regulasi Ketat, 132 Motor Modifikasi Tidak Lolos Kustomfest 2015

Ratusan Motor Modifikasi Tak Lolos Kustomfest 2015 – Regulasi ketat yang diterapkan pada ajang Kustomfest ternyata bukan isapan jempol semata. Setidaknya, ada 132 motor dan 17 mobil modifikasi yang tidak lolos seleksi sebagai peserta Kustomfest 2015.

ratusan-motor-modifikasi-tak-lolos-kustomfest-2015

Standar ketat yang berlaku di ajang Kustomfest 2015 sendiri secara langsung disampaikan oleh CEO Kustomfest, Lulut Wahyudi pada Sabtu, (3/10) di Yogyakarta.

“Pendaftar dan peserta tahun ini dibandingkan tahun lalu ada peningkatan. Namun yang membedakan Kustomfest dan lainnya, kita tidak berpikir kuantitas tapi kita bicara soal kualitas,” ujar Lulut.

Dari regulasi dan penerapan standar yang ketat tersebut, hasilnya ratusan builder harus membawa kembali motor modifikasi mereka. Karena dinilai tidak sesuai dengan peraturan Kustomfest.

separator

“Tahun lalu ada 75 unit motor modifikasi yang tidak lolos, tahun ini ada sekitar 132 calon kontestan modifikasi motor dan ada 150 motor modifikasi yang dipajang. Banyak yang gagal karena mereka tidak melakukan pendaftaran dengan cara mengirim hasil karya mereka terlebih dahulu melalui e-mail. Karena kita tidak menerima pendaftaran langsung di tempat,” imbuh Lulut.

“Dan di tahun ini ada sekitar 17 calon kontestan modifikasi mobil yang kita tolak. Dan ada 35 unit mobil modifikasi yang kita display,” ujarnya.

Lebih lanjut, Lulut mengatakan bahwa ada juga modifikator yang tidak lolos karena motor hasil modifikasinya gagal dihidupkan, alias gagal uji jalan. Berbeda dengan kebanyakan ajang modifikasi lainnya, salah satu syarat pada Kustomfest adalah motor atau mobil tetap layak jalan, alias bukan motor khusus untuk kontes saja.

“Banyak modifikator lupa bahwa mengkustom itu kendaraanya harus bisa dikendarai, kalau tidak bisa dikendarai buat apa modifikasi. Karena ide modifikasi harus sejalan dengan finishing, engineering. Buat apa kalau cuma bisa buat dipajang saja,” terang Lulut.

“Selain itu, kami juga melakukan pengujian kepada setiap motor modifikasi dengan cara memacu gas secara konstan, Selain itu kami juga menguji kopling (Clutch) dengan cara menekan kopling sambil digas. Selanjutnya kami juga memeriksa sistem elekrikal, dan semua motor modifikasi harus dikendarai melakukan putaran,” kata Lulut menambahkan.

Ajang Kustomfest 2015 akan berlangsung mulai hari Sabtu (3/10) hari di Kota Yogyakarta, mengambil tempat di Jogja Expo Center. Baca juga Modifikasi dari BMW R65 Scrambler Jaran Kore Persembahan Untuk Pengnjung dan Yogyakarta Jadi Tuan Rumah Ajang Custom Culture Terbesar.

Top