Mengenang Kejayaan Suzuki RGR Motor Sport 150 Dua Langkah Terboros di Kelasnya

Suzuki RGR 150 Motor Dua Tak Terboros yang Masih Diburu – Mungkin bagi yang pernah mengalami masa pasang surut kehidupan di era 1990 awal masih ingat dengan motor 2 langkah keluaran dari Suzuki. Suzuki RGR 150 adalah nama motor yang pada waktu itu menjadi motor paling keren di kelasnya. Bagaimana tidak? Pada tahun tersebut, Suzuki RGR 150 sudah mengusung model sport, monoshock serta kubikasi 150 cc. Dipasarkan pertama kali di Indonesia pada tahun 1990 lewat PT Suzuki Indomobil Sales.

Mengenang Kejayaan Suzuki RGR Motor Sport 150 Dua Langkah Terboros di Kelasnya

“Sebenarnya, sudah ada dari tahun 1989. Namun pada saat 1989, itu hanya pesanan khusus kalangan internal Suzuki saja. Publik umum hanya sedikit yang mengetahuinya. Pada tahun 1990 tepatnya bulan Februari, motor ini dikenal sebagai Suzuki RGR Sprinter. Bisa di lihat pada lampu belakangnya, modelnya sama persis dengan Suzuki tipe bebek bernama Sprinter,” ujar Robby Chow, Penasihat serta Pembina dari RGRC (RG Rider Community) dilansir dari Otomotifnet hari Selasa (6/10).

Advertisement

Suzuki RGR 150 dibekali dengan spesifikasi mesin berpendingin udara dan karburator besutan Mikuni yakni tipe VM26SS. Memiliki kapasitas mesin 147 cc, dengan bore 59 mm dan stroke 54 mm, serta sudah menggusung teknologi canggih pada waktu itu yaitu Super Scavengin System (SSS). SSS adalah penerapan tiga multi lubang transfer yang bisa mengolah pembakaran mesin lebih sempurna, padat, serta merata ke semua ruang pembakaran. Suzuki RGR 150 kala itu sempat menyandang predikat Sport 2 Langkah 150 cc terboros di kelasnya, berapa konsumsi bahan bakarnya? satu liter bensin untuk Suzuki RGR 150 hanya sanggup menempuh jarak 5-6 kilometer saja.

Sebagai motor eksotis di kelasnya, saat ini Suzuki RGR 150 banyak diburu konsumen yang merindukan memiliki motor 2 tak citarasa tahun 1990an. Sayangnya sampai saat ini spare part Suzuki RGR 150 tergolong langka. Sedangkan seri RGR yang paling diburu adalah keluaran pertama, dimana Suzuki RGR keluaran pertama memiliki body yang lebih ramping.

Karena banyak diburu dan langka di pasaran, harga pasaran saat ini untuk Suzuki RGR 150 mencapai Rp 3 jutaan utuk harga paling rendah. Sedangkan jika memiliki unit yang masih utuh, harganya lebih fantastis lagi, bisa mencapai Rp 10 jutaan untuk satu unit Suzuki RGR 150 mulus. Baca juga Superbike Pesaing Kawasaki H2 Siap Diperkenalkan Suzuki dan Satria F150 Injeksi Siap Produksi Massal.

Top