Teknologi Mobil Otonom Mulai Diujikan pada Toyota

Toyota Mulai Pengujian Mobil Otonom dengan Lexus GS – Berita dari sebuah pabrikan produsen mobil Jepang yang kini mulai menjajal teknologi mobil otonom. Adalah Toyota, salah satu pabrikan yang nampaknya tak ingin tertinggal dalam menciptakan mobil pintar yang akan menghadapi tantangan masa depan. Teknologi di bidang otomotif yang belakangan ini gencar dibicarakan yaitu lahirnya mobil otonom yang merupakan sebuah mobil tanpa pengemudi.

toyota-mulai-pengujian-mobil-otonom-dengan-lexus-gs

Ternyata, perkembangan dari adanya mobil otonom tersebut begitu cepat. Sebelumnya, Google yang pertama kali menciptakan mobil pintar tersebut, dan kini mobil dengan kemudi otomatis tersebut telah diciptakan oleh pabrikan ternama dan memasuki proses pengujian di Jepang. Tak heran memang bahwa Jepang merupakan salah satu negara dengan kemajuan di bidang teknologi dan otomotif yang paling canggih.

Advertisement

Meskipun begitu, mobil otonom besutan Toyota ini berbeda dengan rancangan dari Google dan Apple yang merancang mobil pintar tersebut secara utuh dan sama sekali tidak memerlukan campur tangan dari pengemudi atau sopir saat melaju di jalanan, kali ini Toyota telah mengambil jalan yang berbeda dengan kedua pemrakarsa adanya mobil canggih tersebut. Karena Toyota tetap saja memberikan kepercayaan penuh kepada sopir atau pengemudi, tidak sepenuhnya mengandalkan sistem automasi tersebut.

Pasalnya, Toyota telah mengusung sebuah konsep Highway Teammate, dimana konsep tersebut terlihat lebih bersahabat karena terdapat hubungan yang saling bersinergi antara pengemudi dengan sistem pada mobil. Mobil tersebut telah ditanami dengan sensor dan fitur yang akan membantu pengemudi untuk rehat sejenak pada saat melaju pada jalan bebas hambatan.

Sebagai media proses uji coba menggunakan fitur Highway Teammate, Toyota memanfaatkan Lexus GS pada jalan bebas hambatan di Tokyo Shuto Expressway.

Fitur yang ada tersebut, akan secara otomatis menjalankan mobil. Teknologi yang ada juga mampu melakukan evaluasi kondisi lalu lintas yang ada, membuat keputusan, lalu kemudian baru mengambil langkah selama melaju pada jalan bebas hambatan. Langkah yang dilakukan diantaranya yaitu mengubah jalur serta mempertahankan jarak aman. Bukan hanya itu, sistem juga mampu melakukan pengeremman dan akselerasi secara otomatis.

Prototipe mobil ini diujikan pada jalan bebas hambatan tersebut dengan menggunakan data peta juga beberapa sensor yang dapat mendeteksi keadaan lalu lintas sekitar. Adanya tujuan dari pembuatan fitur tersebut juga untuk tetap menjaga keselamatan pengendara Toyota. Kabarnya fitur tersebut akan mulai diluncurkan pada tahun 2020 mendatang. Baca juga Mobil Otonom Hyundai Mulai Dipasarkan Tahun 2030 dan New Toyota Innova Jalani Test Akhir di Indonesia

Top