Bukan Hanya Mobil, Bus Otonom Juga Mulai Berkeliaran

Di China, Telah Mulai Berkeliaran Bus Otonom – Selain mobil yang dikembangkan secara otonom atau dirancang dengan sistem automasi dan dapat dijalankan tanpa sopir, kini ternyata bus juga telah menerapkan sistem tersebut dan malah ada yang telah mulai beroperasi di China. Produsen bus asal China telah berhasil membuktikan bagaimana bus otonom tersebut mampu beroperasi di jalanan.

di-china-telah-mulai-berkeliaran-bus-otonom

Seperti rangkuman yang dikutip dari halaman oto.detik hasil lansiran Shanghaiist, Rabu (07/10/2015), menyatakan bahwa produsen bus bernama Yutong tampak sangat percaya diri dengan prototipe bus otonom yang diciptakannya. Bahkan mereka juga mengundang beberapa orang untuk menyaksikan sekaligus merekam perjalanan bus otonom tersebut.

Pembuktian dari adanya bus otonom tersebut dilakukan dengan melakukan pengujian perjalanan sejauh 32 km di Zhengzhou, China. Tentu saja, pembuktian sekaligus uji coba tersebut begitu menyita perhatian dari para penumpang bus otonom tersebut.

Dalam video yang beredar mengenai pembuktian ini, terlihat seorang pengemudi atau sopir yang duduk di kursi kemudinya namun dengan sangat santai dan rileks orang tersebut justru bersandar tanpa mengambil kendali kemudi bus tersebut dengan tangan di belakang kepala.

Yutor menambahkan, bahwa bus tersebut telah dilengkapi dengan dua buah kamera, empat buah radar laser, satu set radar gelombang, dan juga sistem navigasi yang cukup terintegrasi. Bus ini juga mampu mengambil alih jalanan seperti berpindah jalur, menyalip mobil, dan memberikan respon terhadap lampu lalu lintas. Ya, bus otonom ini bekerja selayaknya bus normal pada umumnya.

Menurut pengamat, inilah bus pertama yang berani menggunakan sistem otonom. Yutong juga membutuhkan waktu selama tiga tahun untuk mengembangkan bus tersebut hingga benar-benar layak untuk melaju di jalanan tentunya dengan keselamatan dan keamanan yang memenuhi standar. Tentu saja pengujian yang cukup ketat juga diperlukan untuk membuktikan bahwa bus ini benar-benar aman selama beroperasi.

Kabarnya, pengujian secara berkala dan ketat juga akan tetap dilakukan dalam masa pengembangan yang lebih lanjut sebelum bus otonom ini diproduksi secara massal.

Nampaknya hal ini juga akan menjadi pemicu bagi para produsen bus lainnya untuk mencoba menerapkan teknologi terbaru ini pada bus produksinya. Baca juga Toyota Mulai Pengujian Mobil Otonom dengan Lexus GS dan PT Grain Siap Jual Mobil Listrik Secara Massal pada Tahun 2016

Top