Cantiknya Bus ‘Domapan’ Sambut Ultah Yogyakarta ke-259

Bus Wisata ‘Domapan’ Sambut HUT Yogyakarta ke-259 – Daerah Istimewa Yogyakarta memang pantas disebut sebagai kota yang mudah sekali membuat pengunjungnya jatuh cinta. Keramahan penduduk dan kearifan budaya luhur Kota Gudeg bisa membuat siapa saja yang berkunjung langsung jatuh hati. Tepat tanggal 7 Oktober 2015 kemarin, Yogyakarta memperingati hari jadinya yang ke-259. Suasana riuh penuh suka cita terasa sangat meriah di Kota Jogja, termasuk para netizen yang meramaikan dunia maya lewat tagar #HUT259Jogja.

bus-wisata-domapan-sambut-hut-yogyakarta-ke-259

Selain pawai budaya yang menjadi menu wajib pada setiap peringatan HUT Yogyakarta, kemarin ada sesuatu yang lebih istimewa lagi. Ya, tepat bersamaan dengan peringatan hari jadi Kota Jogja yang ke-259, diresmikanlah bus wisata bernama ‘Domapan’ yang sebenarnya telah dibangun sejak satu tahun yang lalu. Bus wisata Domapan diresmikan dan bisa segera digunakan sebagai fasilitas pariwisata yang diberikan oleh salah satu provider selular nasional.

Proyek pembangunan bus Domapan sebenarnya telah dilakukan semenjak tahun 2014 yang lalu berbarengan dengan HUT Yogyakarta yang ke-258 kala itu. Nama ‘Domapan’ sendiri diambil dari frase ‘doea lima delapan’. Nama ‘Domapan’ pun juga berarti ‘bersama-sama mapan’.

Advertisement

Bus Domapan terdiri dari dua tingkat dengan bagian kabin atas dibuat terbuka. Bus ini didominasi oleh warna merah terang yang dikombinasikan dengan warna hijau dan dipercantik oleh ornamen batik khas Jogja berwarna emas. Salah satu bagian yang paling unik adalah di lantai satu dan juga lantai dua diberi pagar atau fence yang berornamen ukir-ukiran. Desain bus Domapan memang terlihat sangat cantik dan eye-catchy.

Program pembangunan bus Domapan diprakarsai oleh pemerintah Yogyakarta. Kedepannya, bus pariwisata Domapan dipersilahkan untuk dipergunakan masyarakat umum. Pihak pengelola pun juga sudah memberikan kontak lewat laman website Jogja.co yang bisa dihubungi jika ingin menaiki bus Domapan dan berwisata keliling kota Jogja.

Kehadiran bus Domapan di Kota Jogja semakin menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi wisata yang tak kalah dengan negara lain. Sebelumnya, Kota Solo sudah memulai proyek bus wisata bernama Werkudara yang bisa digunakan oleh masyarakat umum untuk berkeliling kota. So, tak perlu jauh-jauh ke Singapura kalau cuma pengen naik bus wisata! Datang ke Jogja aja! Baca juga Mobil Listrik Buatan Mahasiswa UII Jogja Hadir di POJOG dan PT Honda Prospect Motor Serius Garap Pasar Mobil di Yogyakarta.

Top