Yamaha R3 Buatan Indonesia Kena Recall di AS?

Yamaha Recall Belasan Unit YZF-R3 yang Beredar di Amerika Serikat – Dalam beberapa hari terakhir, dunia otomotif khususnya roda dua didominasi oleh Yamaha. Selain pengumuman Yamaha YZF-R1S edisi 60th Anniversary R1 dan R6, kabar yang cukup menghebohkan adalah pengumuman mengenai recall yang dilakukan oleh Yamaha untuk YZF-R3. Lhah, kok bisa?

yamaha-recall-belasan-unit-yzf-r3-yang-beredar-di-amerika-serikat

Dilaporkan, sekitar 16 unit Yamaha YZF-R3 telah di-recall oleh Yamaha karena mengalami masalah pada segitiga bagian atas atau bagian penjepit setang. Disebutkan bahwa terdapat kesalahan pada pemasangan yang membuat segitiga itu bisa retak saat berkendara. Karena berpotensi menghilangkan keseimbangan saat dikendarai, maka pihak Yamaha pun memutuskan untuk melakukan recall.

Unit Yamaha YZF-R3 yang terkena imbas recall adalah yang diproduksi antara 1 Januari hingga 31 Agustus 2015. Karena jarak produksinya sangat panjang, ada kemungkinan jumlah yang di-recall akan terus bertambah.

Sebagai informasi, Yamaha YZF-R3 hanya diproduksi di Indonesia oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Motor sport tersebut kemudian diekspor ke berbagai negara. Itu artinya, kemungkinan recall juga akan terjadi di beberapa negara di luar AS.

separator

Yamaha sendiri telah berkoordinasi dengan lembaga keselamatan jalan raya Amerika (NHTSA) ihwal masalah yang terjadi pada YZF-R3. Selanjutnya, konsumen yang memiliki unitnya akan dihubungi, lalu komponen yang mengalami masalah akan diganti dengan yang baru tanpa biaya.

Pada lain kesempatan, PT YIMM membenarkan bahwa telah terjadi recall untuk unit Yamaha YZF-R3.

“Kita masih terus melakukan investigasi mengenai hal ini, apakah benar ada kerusakan yang terjadi pada produk Yamaha R3. Sampai saat ini kita masih terus melakukan pengecekan mengenai hal tersebut,” ujar Asisten GM Marketing PT YIMM, Mohammad Masykur, seperti dilansir oleh VIVA.co.id pada Jumat (9/10).

Masykur mengatakan bahwa saat ini, unit R3 yang diproduksi di Indonesia memang dikabarkan mengalami cacat produksi sebanyak 16 unit. Pihaknya juga masih terus mencari tahu, apakah hal yang sama juga terjadi di negara-negara lain yang menjadi tujuan ekspor R3.

“Yamaha R3 memang hanya diproduksi di Indonesia. Kita masih terus mencari cari tahu untuk negara lainnya. Hingga saat ini, kami masih harus menunggu informasi terkait hal ini,” lanjutnya.

Lebih lanjut Masykur menegaskan bahwa jika memang terjadi kesalahan produksi, maka PT YIMM akan segera melakukan penarikan besar-besaran untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Baca juga Yamaha R3 : Motor Besutan Indonesia yang Tak Dipasarkan di Negeri Sendiri dan Honda CBR500R Siap Debut Perdana Pertengahan Oktober.

Top