Wow, NMAX Udah Nongkrong di Portugal!

Yamaha Indonesia Ekspor NMAX dan YZF-R25 Hingga Portugal – Selain mampu menunjukkan dominasi di segmen low-end motor sport di Tanah Air, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ternyata juga mencatatkan prestasi yang sangat baik di pasar otomotif mancanegara. Bagaimana tidak, catatan angka ekspor PT YIMM pada bulan September 2015 ini adalah 21.159 unit, atau naik sebanyak 22 persen dari catatan ekspor selama sembilan bulan pertama tahun 2015. Unit sepeda motor yang memberikan kontribusi sangat signifikan adalah Yamaha NMAX dan Yamaha YZF-R25.

yamaha-indonesia-ekspor-nmax-dan-yzf-r25-hingga-portugal

Keberhasilan YZF-R25 dan NMAX sebagai produk motor Yamaha paling laris di pasar luar negeri, terutama Eropa, memang tak mengejutkan lagi. Untuk YZF-R25, catatan ekspornya meningkat tajam di tahun 2015 ini, di mana terhitung dari Januari sampai September mencapai 34.040 unit.

Jumlah ekspor Yamaha YZF-R25 menjadikannya sebagai yang tertinggi jika dibandingkan tipe motor Yamaha lainnya yang diekspor pada periode yang sama. Total, Yamaha YZF-R25 menyumbang angka 33 persen dari 103.800 unit motor yang diekspor.

Sementara itu, sepeda motor matik premium Yamaha NMAX pun juga mencatatkan prestasi yang sangat bagus. Ekspor NMAX dari periode Januari hingga September 2015, tercatat sebanyak 18.580 unit atau menyumbang 18 % dari total ekspor Yamaha sepanjang 9 bulan pertama tahun 2015. Hadirnya YZF-R25 dan NMAX turut mendongkrak ekspor Yamaha, termasuk dengan munculnya produk global lainnya, yakni naked bike MT-25 yang diperkenalkan pada awal Juni 2015.

”Peningkatan ekspor menunjukkan tingginya minat masyarakat di luar Indonesia untuk memiliki motor global model produksi Yamaha Indonesia, sekaligus tanda positif tingginya kepercayaan masyarakat luar terhadap produk domestik kebanggaan Yamaha Indonesia,” ujar Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Selama dua tahun terakhir, catatan ekspor PT YIMM memang cukup membanggakan. Sepanjang tahun 2014 saja, ada total 19.820 unit motor yang diekspor Yamaha. Jika dibandingkan ekspor Januari – September 2014 (11.400 unit) dan periode yang sama di 2015 (103.800 unit), maka ada kenaikan 811%.

Salah satu bukti prestasi kesuksesan Yamaha Indonesia di pasar global adalah mulai ‘menjamurnya’ Yamaha NMAX di beberapa negara besar Eropa, salah satunya Portugal. Selain unit motor-motor kelas atas, PT YIMM pun juga turut mengekspor produk andalan lainnya, seperti All New Soul GT, V-Ixion, YZF-R15, YZF-R25, MT-25, Jupiter MX dan MX King. Baca juga Yamaha NMAX Laku Keras di Eropa dan Yamaha Recall Belasan Unit YZF-R3 yang Beredar di Amerika Serikat.

Top