Wow, Singapura Siap Selangkah Lebih Maju dari Indonesia!

Singapura Persiapkan Transportasi Publik Berbasis Otonom – Dengan munculnya mobil otonom atau jenis mobil dengan sistem kemudi otomatis, kini memang telah banyak mobil yang menggunakan basis tersebut. Khususnya di negara-negara maju seperti  Jepang dan juga China, kini mobil tersebut telah terlihat melaju di jalan raya. Bahkan di China telah diterapkan terhadap transportasi umum seperti Bus.

singapura-persiapkan-transportasi-publik-berbasis-otonom

Kali ini, negara tetangga Indonesia yaitu Singapura juga tengah mempersiapkan hal yang sama. Berjalan selangkah lebih maju dari Indonesia, Singapura telah merancang beberapa persiapan untuk menciptakan transportasi umum berbasis otonom. Pihak pemerintah Singapura kini sedang memaksimalkan persiapan yang matang untuk menerapkan sistem otonom terhadap transportasi publik tersebut. Contohnya seperti bus otonom ataupun taxi otonom.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pihak Singapura menjalin kerja sama dengan beberapa peneliti yang berasal dari Singapore-MIT Alliance for Research and Technology (SMART), National University of Singapore, dan juga dengan Kantor Teknologi da Penelitian.

Advertisement

Selain mengenai  perkembangan teknologi di bidang otomotif, Singapura yang memiliki jumlah penduduk sekitar 5.2 juta tidak begitu banyak yang berprofesi sebagai sopir bus, truk ataupun kendaraan umum lainnya. Hal tersebut tentunya nanti aan berhubungan langsung dengan transportasi public terutama seperti bus apabila memang profesi tersebut tidak banyak diminati di negara ini.

CNBC News, Kemarin pada hari Rabu (14/10/2015) juga telah memberikan sejumlah kutipan yaitu, “ Kami melihat jumlah pengendara truk dan bus yang merupakan tantangan besar bagi kami (pemerintah Singapura). Apalagi mengingat populasi penduduk di negara kami yang kecil. Tidak banyak penduduk yang ingin menjadi sopir bus atau truk,”

Untuk langkah lanjutan, memang telah ada beberapa proposal dari perusahaan-perusahaan ternama yang cukup berminat untuk mengerjakan proyek tersebut. Telah tercatat ada delapan perusahaan yang beberapa  diantaranya yaitu Uber Technolgies, BMW, dan juga Toyota Group.

Dengan adanya perencanaan itu, nantinya Singapura diharapkan akan menyusul kesuksesan dari negara-negara maju seperti Jepang dan juga China. Hal ini juga mengimbangi adanya tren kemajuan di bidang teknologi dan otomotif yang saat ini berkolaborasi membentuk sesuatu yang begitu menakjubkan.

Lalu, kira-kira kapan ya Indonesia akan mengikuti  jejak Singapura? Baca juga Di China, Telah Mulai Berkeliaran Bus Otonom dan Toyota Mulai Pengujian Mobil Otonom dengan Lexus GS

Top