Transmisi Bermasalah, Kia Tarik Ratusan Ribu Unit Di Amerika

Ratusan Ribu Unit Kia Sorento Ditarik dari Pasaran Amerika – Mengalami permasalahan terhadap terhadap komponen sistem transmisinya, membuat Kia Motors Amerika menarik 377 ribu unit lebih mobil Sport Utility Vehicle (SUV) Kia Sorento  yang memiliki model  2011, 2012 dan juga 2013 untuk wilayah Amerika Serikat ditarik dari pasaran.

ratusan-ribu-unit-kia-sorento-ditarik-dari-pasaran-amerika

Menurut rangkuman dari detikOto yang dilansir pada halaman The Car Connection, Jumat (16/10/2015) Buletin Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional (NHTSA) telah menyebutkan bahwa komponen dari transmisi telah mengalami kerusakan sehingga mobil tersebut berpotensi untuk melaju bebas seolah bagian gigi transmisi masih berada dalam posisi netral. Komponen yang dimaksudkan mengalami kerusakan tersebut  adalah bagian interlock rem-shift yang diproduksi oleh SL Tennesse, Amerika Serikat.

NHTSA juga telah mengatakan apabila pada saat pengemudi terlalu kuat memindahkan tuas transmisi pada pergantian gigi, maka interlock akan mengalami keretakan. Dan nantinya, apabila diparkir pada sebuah jalan atau lokasi yang membentuk lereng, kendaraan akan meluncur dengan bebas, hingga tak menutup kemungkinan akan menyebabkan dampak buruk seperti melukai penumpang atau pengendara lain yang ada di sekitarnya.

Mobil yang telah dinyatakan mengalami permasalahan tersebut merupakan model yang diproduksi pada periode antara 19 Oktober 2009 dan 31 Januari 2013. Dan berjumlah hingga mencapai 377.062 unit mobil.

separator

Kia juga telah memberikan informasi bahwa pihaknya menerima laporan klaim garansi hingga 54 terkait dengan permasalahan tersebut. Kemudian ada juga laporan keluhan dari 14 pemilik mobil. Bahkan terdapat juga 3 orang yang menyatakan bahwa mereka cidera akibat masalah tersebut. Pengemudi yang cidera tersebut mengaku bahwa akibat dari mobil yang meluncur bebas dan menabrak anaknya sehingga mengakibatkan keretakan terhadap kaki si anak.

Kia juga telah memberikan tanggapan bahwa pihaknya akan mengirimkan pemberitahuan penarikan unit mobil tersebut terhadap para pemilik pada tanggal 24 November 2015 mendatang. Setelah menerima adanya pemberitahuan itu, nantinya pemilik akan dapat mengirim mobil mereka ke diler untuk mendapatkan perbaikan secara sempurna.

Setelah perbaikan, diharapkan tak ada lagi keluhan-keluhan lain dari pengguna terkait permasalahan pada mobil tersebut. Baca juga VW Tarik 389 Hatchback Polo Akibat Rem Tangan Rawan Blong dan Nissan Motor Indonesia Resmi Luncurkan Infiniti QX80

Top