CEO Volkswagen: Kami Akan Segera Bangkit Lagi

CEO Baru Volkswagen Targetkan VW Bangkit Lagi Dalam 3 Tahun – Bos baru Volkswagen (VW), Matthias Mueller menyatakan bahwa perusahaannya akan segera bangkit kembali setelah diterpa badai yang nyaris melumpuhkan pabrikan otomotif asal Jerman tersebut. Pemegang pucuk pimpinan VW tersebut itu menargetkan VW untuk bisa bangkit kembali dalam dua sampai tiga tahun setelah merampungkan proses recall terhadap 8,5 juta kendaraan di seluruh Uni Eropa akibat kecurangan dalam tes emisi diesel.

ceo-baru-volkswagen-targetkan-vw-bangkit-lagi-dalam-3-tahun

Matthias Mueller sendiri menjabat sebagai CEO bari VW sejak bulan September lalu. Ia mengatakan bahwa pihaknya memerlukan waktu sekitar dua sampai tiga tahun untuk mengembalikan nama besar VW. Untuk itu, ia akan melakukan perbaikan di semua wilayah dan unit bisnis VW.

“Kami memiliki peluang bagus untuk kembali bersinar dalam dua sampai tiga tahun,” ujar Mueller dalam pidatonya kepada jajaran manajerial VW di Leipzig, Jerman, seperti dikutip dari Reuters.

VW berencana untuk melakukan recall terhadap sekitar 11 juta kendaraan di seluruh dunia. Sementara 8,5 juta kendaraan di Uni Eropa akan di-recall menyusul perintah dari pengawas otomotif Jerman (KBA) yang juga pemimpin Uni Eropa.

Seorang juru bicara VW menyatakan bahwa di antara target 8 juta kendaraan di Uni Eropa yang ingin di-recall, ada sekitar 800 ribu pemiliki kendaraan yang secara “sukarela” menyerahkan kendaraannya kendati belum diketahui apakah mobil mereka juga berisi perangkat lunak yang memanipulasi uji emisi.

KBA mengatakan bahwa recall yang dilakukan oleh VW akan melibatkan tak kurang dari 2,4 juta kendaraan di Jerman yang wajib dimulai pada awal tahun 2016 mendatang.

Recall terhadap 11 juta kendaraan di seluruh dunia yang dilakukan oleh VW menjadikannya sebagai yang terbesar dalam sejarah otomotif dunia. VW mengalahkan Toyota yang pada tahun 2009-2010 lalu me-recall sekitar 10 juta kendaraan karena masalah akselerasi.

Di lain kesempatan, beberapa analis mengatakan bahwa skandal emisi yang menerpa VW membuat pabrikan tersebut merugi sekitar 35 miliar euro. Jumlah kerugian tersebut adalah estimasi biaya yang dibutuhkan oleh VW untuk menutupi biaya reparasi kendaraan dan denda atas tuntutan hukum.

Selain mengguncang industri otomotif global dan merek mobil Jerman, skandal emisi yang menerpa VW membuat saham perusahaan tersebut anjlok sehingga memaksa mundur CEO terdahulu. Baca juga VW Bantah Adanya 30 Manajer yang Terlibat Skandal Emisi dan Ratusan Ribu Unit Kia Sorento Ditarik dari Pasaran Amerika.

Top