Ini Nih Rahasia Ketok “Magic”

Ternyata Ketok “Magic” Dikerjakan Secara Manual Menggunakan Peralatan Sederhana – Selam ini, ketok “magic” selalu berkonotasi dengan hal-hal berbau magis atau ghaib. Hal ini memang wajar karena proses pengerhaan ketok magic memang kebanyakan ditutupi dari si empunya kendaraan. Namun anggapan bahwa ketok magic berhubungan dengan ilmu ghaib ternyata salah kaparah.

ternyata-ketok-magic-dikerjakan-secara-manual-menggunakan-peralatan-sederhana

Ketok magic padahal sama sekali tak berhubungan dengan hal-hal magis atau ilmu sihir dan semacamnya. Ketok magic itu sendiri hanya berdasarkan kemampuan seseorang memperbaiki bodi mobil yang penyok dengan keahliannya menggunakan alat sederhana.

Salah satu yang membuat masyarakat awam mudah percaya akan mitos mistis dalam proses pengerjaan ketok magic adalah, kemampuan bengkel dalam memperbaiki bodi kendaraan secara apik meski dalam waktu singkat. Pengerjaanya memang kerap tidak boleh dilihat pelanggan. Hal ini lah yang membuat proses ketok magic terasa “misterius”.

Advertisement

Menurut Nahrowi, salah satu pemilik bengkel spesialis ketok magic di Jalan Raya Kalibata, Cawang III, Jakarta, anggapan masyarakat bahwa ketok magic itu mengandung unsur mistis dan sihir itu tidak benar. Sebab, pada kenyataannya hanya kemampuan seseorang dalam memperbaiki bodi mobil.

“Sama sekali tidak ada sihir-sihirnya, bahkan proses pengerjaannya pun bisa dilihat langsung oleh pemilik mobil dan kita tidak menutup-nutupi,” ujar pria asli Blitar tersebut.

Nahrowi menjelaskan bahwa ketok magic tu sendiri hanya sebutan biasa yang sering diungkapkan oleh orang Jakarta dan sekitarnya. Ia menjelaskan bahwa nama asli dari ketok magic adalah kenteng teter atau bisa juga disebut ketuk keter.

“Keahlian seperti ini asalnya itu dari Blitar, Jawa Timur, dan di sana disebut kenteng teter atau ketuk teter. Kalau di Jakarta disebut dengan nama itu sudah pasti banyak orang yang tidak tahu, jadi disebutlah ketok magic,” imbuhnya.

Salah satu karyawan Nahrowi, Joyo, menjelaskan bahwa proses pengerjaan perbaikan bodi mobil di bengkelnya memang murni berdasarkan kehalian. Peralatan yang digunakan pun sangatlah sederhana, seperti misalnya martil, kawat serta las.

“Selebihnya tidak ada alat lain. Jadi, alat tersebut kita maksimalkan dengan kemampuan kita. Semakin lama, maka akan semakin rapi,” ujarnya.

Bagaimana? Masih percaya kalau ketok magic itu pakai sihir? Hehehe.., pastinya sekarang Anda sudah mengerti bahwa ketok magic dikerjakan secara manual dan tidak berbau mistis atau ghaib. Baca juga CEO Baru Volkswagen Targetkan VW Bangkit Lagi Dalam 3 Tahun dan Singapura Persiapkan Transportasi Publik Berbasis Otonom.

Top