Power Dahsyat dan Bobot Berat, Aprilia RSV4 Bahayakan Rider?

Aprilia RSV4 Tak Bisa Ditunggangi Sembarangan – PT Piaggio Indonesia secara resmi memboyong duo motor asal Negeri Pizza, Italia. Dua unit motor gede asal Italia itu berasal dari pabrikan Aprilia dan Moto Guzzi. Varian Moto Guzzi yang diboyong ke Tanag Air adalah California Touring SE, V7 II Racer, V7 II Stone dan Audace. Sementara untuk Aprila, yang dihadirkan ke Indonesia adalah Aprila RSV4 RR Race Pack dan RSV4 RF Superpole.

aprilia-rsv4-tak-bisa-ditunggangi-sembarangan

Mata pecinta otomotif Indonesia mungkin akan tertuju pada sosok Aprilia RSV4 terlebih dahulu. Motor gede lansiran Aprilia tersebut memang merupakan motor sport tulen. Aprilia RSV4 ini memang bukan motor gede biasa. Motor tersebut memiliki tenaga sebesar 201 HP. Bobotnya pun sangat berat, mencapai 180 kg. Dengan tenaga dan bobot sebesar itu, kalau pengendaranya sembarangan memakai motor ini justru bisa membahayakan. Lalu, pertanyaan pun muncul. Apakah Aprilia RSV4 aman untuk jalanan di Indonesia?

Advertisement

Menanggapi hal tersebut, Managing Director PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega menyatakan bahwa memang Aprilia RSV4 merupakan unit superbike tulen. Oleh karena itu, pengendara ataupun ridernya juga harus bertangguh jawab, dalam hal ini adalah keselamatan diri sendiri dan orang lain.

“Motor ini adalah superbike. Itu adalah fakta. Superbike itu hadir dengan tanggung jawab pengendaranya,” katanya.

Meski memiliki karakter agresif khas superbike, namun Aprilia sudah melengkapi dua tipe RSV4 dengan teknologi keamanan terkini. Sebut saja sistem keamanan yang dinamakan Aprilia Performance Ride Control (APRC System).

“Kami di Aprilia melengkapi motor ini dengan teknologi terkini untuk mendukung keamanan berkendara. Ada wheelie control. launch cpontrol, traction control (yang masuk ke APRC System),” ujar Marco.

“Jadi, motor ini adalah superbike yang dilengkapi dengan kombinasi (fitur) keamanan untuk pengendaranya,” lanjutnya.

Aprilia RSV4 RR Race Pack sendiri dibekali mesin V4 65 derajat DOHC 4 langkah berkapasitas 999,6 cc. Mesin berpendingin cair itu memilki 4 katup per silindernya. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 201 tenaga kuda pada 13.000 rpm dengan torsi 115 Nm pada 10.500 rpm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi 6 percepatan dengan Aprilia Quick Shif Electronic System.

Sementara itu, Aprilia RSV4 RF Superpole pun dibekali dengan mesin yang sama. Hanya saja, seri Superpole memiliki tampilan livery yang berbeda. Soal harga, motor-motor dari kedua merek tersebut dibanderol dengan harga mulai dari Rp 300-700 jutaan. Baca juga Moto Guzzi dan Aprilia Resmi Masuk Indonesia dan Skutik Retro Hustler Scoot Bisa Jadi Alternatif Penerus Suzuki Let’s.

Top