Tesla Luncurkan Sistem Autopilot untuk Mobil

Sistem Autopilot pada Mobil Siap Diterapkan untuk Produksi Massal – Selama ini seperti yang sudah kita ketahui, produsen mobil listrik Tesla sedang ‘getol’ untuk mengembangkan teknologi autopilot yang diharapkan bisa dikembangkan untuk mobil produksi massal. Akhirnya setelah menempuh berbagai penelitian dan perancangan, sistem autopilot pada mobil Tesla siap untuk diterapkan pada mobil produksi massal. Saat ini sendiri, Tesla masih melakukan tahap pertama penerapan untuk teknologi autopilot pada mobil.

Tesla Luncurkan Sistem Autopilot untuk Mobil

Mengenai cara kerja dari sistem autopilot, Tesla mengatakan jika mobil menggunakan 12 sensor ultrasonik jarak jauh, 12 sensor ultrasonik jarak jauh tersebut memiliki fungsi untuk mendeteksi lingkungan sekitar mobil, di setiap arah, dan pada semua kecepatan. Sensor digital tersebut diklaim Tesla memiliki tingkat presisi yang cukup tinggi dan dikendalikan secara elektronik.

Advertisement

Tesla juga mengungkapkan jika sistem yang dibuatnya adalah satu-satunya yang menyediakan beragam feedback mulai dari kamera, radar, ultrasonik dan posisi satelit. Namun Tesla juga menjelaskan jika sistem automobilnya bukan berarti akan menjamin mobil bisa dikemudikan secara otomatis, Tesla juga menghimbau jika tangan pengemudi harus tetap berada di setir kemudi, karena driver memiliki tanggung jawab untuk mengendalikan kendaraan agar tidak membahayakan diri sendiri atau orang lain.

Ketika pertama kali digunakan, sistem autopilot memang agak terasa aneh karena banyak tindakan refleks dari mobil yang berkaitan dengan arah dan kecepatan yang berlainan dengan logika berpikir si pengemudi. Tetapi Tesla meyakinkan pengemudi hanya butuh waktu untuk beradaptasi dengan sistem autopilot pada mobilnya dan harus bisa percaya pada mobil yang dikendarainya.

Meskipun saat ini Tesla sudah menyediakan fasilitas untuk download software autopilotnya, namun pihak perusahaan juga mengungkapkan bahwa kendaraan masih perlu beberapa tahun lagi untuk sepenuhnya menggunakan sistem kemudi otomatis atau autopilot dengan sempurna. Saat ini sendiri beberapa perusahaan mobil dunia sedang berlomba untuk meluncurkan mobil autonomous, yang sebenarnya sudah dikembangkan selama sepuluh tahun terakhir.

Yang jelas, kehadiran teknologi autopilot yang digagas Tesla akan menmberikan pengalaman mendalam untuk pengguna mobil. Dengan teknologi tersebut, Tesla juga yakin jika mobil yang dikendalikan secara autopilot bakal mengubah persepsi orang tentang masa depan dengan cukup drastis. Baca juga Toyota Mulai Pengujian Mobil Otonom dengan Lexus GS dan Nissan Perkenalkan Teatro for Dayz Mobil Konsep untuk yang Doyan Internet.

Top