Spesifikasi dan Harga Suzuki Ertiga Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Suzuki Ertiga – Setelah Toyota dan Daihatsu mengumumkan keluarnya seri terbaru dari low MPV mereka yang diberi nama Grand Avanza Veloz dan Great Xenia, dalam rentang waktu yang cukup pendek PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang menjadi distributor resmi Suzuki di Indoneisa juga mengumumkan penantang Avanza dan Xenia. Sama-sama menyasar segmen low MPV, kali ini Suzuki menghadirkan All New Suzuki Ertiga yang akan menantang dominasi duet kembar Avanza-Xenia. Dalam beberapa periode terakhir, Ertiga memang cukup laris di pasaran otomotif Indonesia. Bahkan, Suzuki Ertiga berhasil masuk dalam 10 mobil terlaris selama semester dua tahun 2015. Ertiga menempati posisi ke-7 dengan total penjualan mencapai 3.656 unit. Dan kali ini, PT SIS merilis generasi baru Suzuki Ertiga yang mendapatkan sentuhan baru di bagian eksetrior serta interiornya. Lewat Ertiga versi facelift ini, Suzuki mencoba untuk tetap mempertahankan posisi Suzuki Ertiga sebagai salah satu mobil low MPV pilihan keluarga Indonesia.

suzuki ertiga

Masih mempertahankan basis desain yang sama, Suzuki hanya memperbarui New Ertiga seperti pada front grill, foglamp, dan juga headlight. Meski hanya mendapatkan pembaruan minimalis, kali ini New Suzuki Ertiga tampil lebih stylish jika dibandingkan dengan pendahulunya. Mobil MPV andalan Suzuki ini tampil lebih segar dengan penerapan teknologi di bagian interiornya seperti New Pattern Fabric Material Seat dan juga Trim Door serta perubahan warna pada Carpet Floor, Gear Shift, Hand Brake dan Luggage Under Box yang kini memiliki warna cokelat terang. Suzuki Ertiga generasi baru ini juga membenamkan jok split 50:50 di bagian kabin belakang sehingga kabin paling belakang bisa dilipat sebagai tambahan bagasi. Untuk urusan performa, New Suzuki Ertiga mengusung mesin K14B DOHC 4 silinder 1.400 cc. Mesin ini disebut-sebut lebih tahan banting di segala medan serta lebih efisien bahan bakar. Untuk bagian fitur keamanan, Double Airbags masih menjadi andalan Suzuki Ertiga guna meminimalisir terjadinya resiko kecelakaan. Selain itu, terdapat juga penambahan fitur-fitur lain untuk mendukung keamanan dan kenyamanannya. Nah, untuk mengetahui apa saja pembaruan yang dilakukan Suzuki untuk New Ertiga kali ini, berikut ini Mas Sena akan sajikan ulasan mengenai spesifikasi dan harga Suzuki Ertiga versi baru pada segmen-segmen di bawah ini.

mobil suzuki ertiga

Spesifikasi Suzuki Ertiga

Low MPV dengan Desain Bodi Compact dan Stylish

Pada bagian eksterior, spesifikasi Suzuki Ertiga memang masih tetap mempertahankan basis desain bodi seperti generasi lamanya. Namun meski begitu, Suzuki tetap memberikan sentuhan wajah baru yang menjadikan New Ertiga menjadi lebih stylish. Suzuki Ertiga sendiri memiliki tiga pilihan tipe, yakni Ertiga Standar, Ertiga Sporty, dan juga Ertiga Ellegant. Ketiga versi dari Ertiga ini memiliki ukuran tubuh 4.265 x 1,695 x 1,685 mm dengan bobot masing-masing berbeda. Jika diperhatikan sekilas, Suzuki Ertiga ini memang memiliki ukuran tubuh paling pendek jika dibandingkan dengan Toyota Avanza atau Honda Mobilio. Namun justru tubuh yang tergolong tak terlalu besar ini akan membuat Ertiga lebih mudah dikendalikan. Kemudian jika dibandingkan dengan versi terdahulu, Suzuki Ertiga versi baru ini tampil lebih stylish dengan beberpa perubahan di sektor bodi, seperti desain headlight yang lebih tajam. Kemudian, pada front grill kini terlihat lebih minimalis dengan hanya tiga tingkat dilapisi warna full chrome. Tak lupa, pada foglamp Suzuki Ertiga versi baru kini menggunakan reflektor yang berbentuk lebih sederhana dan ditambahi bezel berwarna hitam yang membuatnya terlihat lebih elegan. Untuk menambahkan kesan stylish, pada bodi sisi samping Suzuki Ertiga sudah ditambahkan New Electric Foldable Outside Mirror (tipe GX),  dan New Alloy Wheel (tipe GL & GX). Selain itu, spesifikasi Suzuki Ertiga versi baru ini juga sudah mengalami perubahan pada bagian bumber belakangnya. So, meski perubahan yang diberikan hanya sekilas saja, namun hal ini sudah mampu menghadirkan suasana baru pada New Ertiga.

Interior Lengkap Hadirkan Kenyamanan untuk Keluarga

Selanjutnya, Mas Sena akan membahas spesifikasi Suzuki Ertiga pada bagian interiornya. Versi baru Ertiga ini sejatinya juga masih mempertahankan konsep desain interior versi lamanya, namun tentunya dengan sedikit perubahan. Pada bagian setir, New Suzuki Ertiga masih didominasi dengan warna hitam dengan penggunaan material yang sama dengan pendahulunya. Namun, konsep dashboard pada New Ertiga dibuat dengan konsep lebih segar, seperti pada perubahan warna yang lebih soft. Interior pada New Suzuki Ertiga juga terlihat lebih mewah dengan adanya New Pattern Fabric pada masih-masing joknya. Kemudian, Suzuki pun juga memberikan perubahan warna pada karpet, tuas tranmsis, dan juga rem tangan. Generasi baru Suzuki Ertiga ini juga memiliki ruang bagasi yang lebih luas. Selanjutnya, pada bagian audio New Ertiga kini nampak lebih mewah dengan tampilan dan juga desain panel audio yang baru. Perubahan berikutnya adalah adanya penambahan Accessories Socket pada bagian belakang Console Box baris ke-2 yang bisa digunakan penumpang untuk men-charging perangkat gadget. Perubahan spesifikasi Suzuki Ertiga pada bagian interior juga dapat dilihat pada kursi baris ketiga yang sudah menerapkan sistem split 50:50 sehingga memungkinkan pengendara dapat membawa barang bawaan yang lebih banyak dengan cara melipat kursi pada bagian belakang.

spesifikasi suzuki ertiga

Dimensi Fisik Pas untuk Perkotaan Didukung Suspensi Nyaman

Pada spesifikasi Suzuki Ertiga di bagian dimensi, kita masih akan disuguhi dimensi fisik yang serupa dengan versi lamanya. Seperti yang tadi sudah sempat Mas Sena singgung, ketiga versi dari Ertiga memiliki ukuran tubuh 4.265 x 1,695 x 1,685 mm dengan bobot masing-masing berbeda. Untuk ukuran low MPV, ukuran tubuh Suzuki Ertiga generasi baru ini memang terhitung pas untuk jalanan Indonesia. Baik untuk penggunaan di kota besar atau di daerah, New Ertiga akan sangat cocok karena memiliki bentuk bodi yang compact dan mampu memberikan kenyamanan tingkat tinggi. Dengan ground clearance yang cukup tinggi, Suzuki Ertiga versi baru ini pun akan mampu melibas jalan yang bergelombang sekalipun, namun akan tetap nyaman bagi penumpangnya. Jika melihat spesifikasi fisiknya, New Ertiga ini merupakan tipe mobil yang sangat cocok untuk digunakan di daerah perkotaan ataupun untuk pelesiran ke luar kota. Untuk menambah kenyamanan penumpang, Suzuki Ertiga generasi baru ini dibekali dengan suspensi kelas atas dari MacPherson Strut dengan tambahan per keong pada bagian depan. Sedangkan untuk suspensi belakang, Suzuki Ertiga mengandalkan suspensi jenis Torsion Beam dengan tambahan per keong. Suspensi ini akan memberikan kenyamanan tingkat tinggi kepada pengemudi dan juga penumpangnya. Sebagai pelengkap spesifikasi Suzuki Ertiga di bagian kaki-kaki, disematkanlah ban ukuran 185/65 yang membalut dalam velg ring 15 inci.

Teknologi Mesin K14B DOHC Mantap Melaju di Segala Situasi

Advertisement

Pada spesifikasi Suzuki Ertiga bagian mesin, low MPV edisi terbaru ini mengandalkan mesin K14B DOHC 4 silinder segaris 16 katup dengan kaapsitas mesin 1.400 cc. Mesin berjenis Variable Valve Timing (VVT) itu didukung oleh fitur Multi Point Injection (MPI) serta Metal Timing Chain dan Drive Wire Technology. Mesin pada Suzuki Ertiga ini akan menghasilkan tarikan mesin yang bertenaga namun tetap halus. Selain itu, mesin tersebut mampu membuat mobil ini mantap melesat di segala situasi tak terduga ketika bepergian jauh. Kehadiran sistem pembakaran injeksi juga pastinya akan membuat mesin Suzuki Ertiga akan tetap irit dalam hal konsumsi bahan bakar. Mesin ini sanggup memuntahkan daya maksimum sebesar 92 PS pada putaran mesin 6.000 rpm, serta torsi sebesar 130 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. Sama seperti MPV pada umumnya, New Suzuki Ertiga ditunjang dengan model penggerak roda depan (front wheel drive) sehingga membuat performa mobil menjadi responsif serta irit bahan bakar dikarenakan tenaga mesin dapat langsung didistribusikan ke bagian roda penggerak. Meski terdiri dari tiga pilihan varian dengan masing-masing tipenya, namun secara umum spesifikasi Suzuki Ertiga ini mengusung mesin yang sama, baik untuk varian standar, Sporty, maupun varian Ertiga Ellegant.

spesifikasi mobil suzuki ertiga

Fitur Kenyamanan dan Kemanan Lengkap untuk Kelas Low MPV

Sebagai mobil bersegmen low MPV yang sangat cocok untuk bepergian sekeluarga, tentunya spesifikasi Suzuki Ertiga juga dibekali dengan berbagai fitur penunjang keamanan dan kenyamanan. Untuk fitur keamanan dan kenyamanan, New Ertiga ini sudah lengkap fitur-fitur fungsional seperti contohnya adalah rem ABS plus EBD. Pada bagian sistem audio, Suzuki Ertiga sudah dikung dengan sistem audio Double DIN. Lalu, pada bagian penyejuk kabin juga sudah disertakan AC Double Blower. Kemudian ada juga penambahan New Parking Censore untuk Suzuki Ertiga tipe tertinggi (Ellegant). Fitur ini dapat memudahkan pengemudi saat ingin memarkir kendaraannya. Selain itu, ada juga fitur Auto Up Window yang terletak di bagian kabin pengemudi. Untuk bagian keamanan, Suzuki Ertiga versi baru ini telah dilengkapi dengan adanya Dual Airbags yang sudah cukup untuk melindungi penumpang dan pengendara di kabin paling depan. Airbags tersebut ditempatkan pada dashboard dan steering wheel. Lalu, kecanggihan Suzuki Ertiga ini juga nampak dengan adanya fitur Side Impact Beam sebagai standar keselamatan ketika terjadi kecelakaan. Fitur ini akan berfungsi saat terjadi kecelakaan sehingga secara otomatis pintu tak akan mengunci. Tak lupa pula, sabuk pengaman juga telah dihadirkan di semua kursi pada Suzuki Ertiga ini. Di dalam kabin New Ertiga pun juga sudah dilengkapi dengan Child Proof Rear Door Locks pada pintu belakang mobil. Terakhir, spesifikasi Suzuki Ertiga pada fitur keamanan juga sudah menggunakan sistem Keyless Entry dan Immobilizer sehingga mobil ini tidak akan bisa dinyalakan kecuali dengan kunci yang asli.

Suzuki Ertiga

Tipe New Ertiga Ertiga Sporty Ertiga Ellegant
Mesin
Jenis Mesin K14B (DOHC-VVT)
Isi Silinder 1.373 cc
Jumlah Katup 16
Jumlah Silinder 4 in-line
Diameter x Langkah 73.0 x 82.0 mm
Perbandingan Kompresi 1:10
Daya Maksimum 95PS/6,000rpm
Torsi Maksimum 130Nm/4,000rpm
Sistem Bahan Bakar Multi Point Injection
Dimensi
P x L x T 4.265 x 1,695 x 1,685 mm
Jarak Poros Roda 2,740 mm
Jarak Pijak Depan 1,480 mm
Jarak Pijak Belakang 1,490 mm
Jarak Terendah 185 mm
Radiud Putar Minimum 5.2 m
Berat Kososng 1.155 kg GA (MT), 1.175 kg GL (MT) 1.185 kg (AT), GX 1.175 kg (MT) 1.185 kg (AT) MT 1,175 kg AT 1,185 kg 1.160 kg GA (MT), 1.175 kg GL (MT) 1.185 kg (AT), GX 1.180 kg (MT) 1.190 kg (AT)
Berat Kotor 1.765 kg GA (MT), 1.765 kg GL (MT) 1.770 kg(AT), GX 1.760 kg (MT) 1.770 kg (AT) MT 1,760 kg AT 1,770 kg 1.760 kg GA (MT), 1.760 kg GL (MT) 1.770 kg(AT), GX 1.760 kg (MT) 1.770 kg (AT)
Transmisi
Tipe Transmisi 5-Speed Manual / 4-Speed Automatic
Rangka
Sistem Kemudi Rack & Pinion
Suspensi Depan MacPherson Strut with Coil Spring
Suspensi Belakang Torsion Beam with Coil Spring
Rem Depan Ventilated disc
Rem Belakang Leading / Training Drum
Ukuran Ban 185/65 R15
Kapasitas
Tempat Duduk 7 Persons
Tangki Bahan Bakar 45 Liter

Harga Suzuki Ertiga

Bermain di kelas low MPV menjadikan Ertiga cukup digemari kalangan masyarakat Indonesia. Buktinya, MPV andalan Suzuki ini bisa masuk dalam 10 besar mobil terlaris di Indonesia. Selain performa mesin tangguh dan fitur lengkap, banderol harga Suzuki Ertiga yang bersahabat pun menjadi alasan mengapa mobil ini sangat digemari konsumen. Dengan perubahan-perubahan minimalis pada desain eksterior lewat headlamp, front grill, dan juga foglamp yang kini didesain lebih stylish, Suzuki Ertiga versi baru ini memang ingin menawarkan suasana baru pada masyarakat otomotif Indonesia. Lewat pembaruan yang dibawa Suzuki, mobil ini mampu memberikan atmosfer modern kepada pengguna setianya. Pembaruan minimalis ini memang sedikit banyak mempengaruhi harga Suzuki Ertiga di pasaran. Selain sisi eksterior yang tampil lebih stylish, sektor interiornya pun juga tidak kalah cantik karena dilengkapi dengan teknologi terbaru lengkap dengan sistem hiburan yang akan memanjakan penumpangnya. Ditambah dengan mesin DOHC berkapasitas 1400 cc juga akan membuat New Ertiga tangguh sebagai mobil keluarga atau untuk kebutuhan mobilitas Anda. Nah, dengan beragam pembaruan fitur tadi, lalu berapakah kira-kira harga Suzuki Ertiga versi baru ini ya?

harga suzuki ertiga

harga suzuki ertiga terbaru

Berdasarkan informasi dari laman resmi Suzuki Indonesia, harga Suzuki Ertiga versi baru ini memang disesuaikan dengan masing-masing tipenya. Untuk harga termurah adalah Ertiga standar tipe GA dengan transmisi manual. Tipe itu dijual dengan banderol harga sekitar Rp 183 jutaan. Sementara itu, untuk New Suzuki Ertiga standar paling mahal ditempati oleh tipe Dreza GS dengan transmisi otomatis yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 236 jutaan. Meski fitur dan desainnya sedikit berbeda dengan tipe Sporty atau Ellegant, namun Ertiga versi standar ini sudah sangat cocok bagi Anda yang mengidamkan mobil MPV compact yang bisa menampung penumpang cukup banyak. Lalu, harga Suzuki Ertiga Sporty sendiri dipatok dengan harga sekitar Rp 214 jutaan untuk versi transmisi otomatis. Sementara itu, untuk versi tertinggi atau Dreza, harganya pun juga bervariasi. Untuk harga Suzuki Ertiga Dreza manual, harganya adalah sekitar Rp 216 jutaan. Sedangkan Ertiga Dreza GS bertransmisi otomatis dibanderol dengan harga paling tinggi diantara varian lainnya.

Harga Suzuki Ertiga

Tipe Harga
Suzuki Ertiga GL 1.4 M/T Rp. 199.500.000
Suzuki Ertiga SPORTY 1.4 A/T Rp. 214.400.000
Suzuki Ertiga GX 1.4 M/T Rp. 208.000.000
Suzuki Ertiga GX 1.4 A/T Rp. 220.500.000
Suzuki Ertiga GA 1.4 M/T Rp. 183.000.000
Suzuki Ertiga GL 1.4 A/T Rp. 212.000.000
Suzuki Ertiga Ertiga Dreza MT Rp. 216.900.000
Suzuki Ertiga Ertiga Dreza AT Rp. 229.500.000
Suzuki Ertiga Ertiga Dreza GS – MT Rp. 223.900.000
Suzuki Ertiga Ertiga Dreza GS – AT Rp. 236.500.000
Daftar Harga Mobil Suzuki

Dengan harga Suzuki Ertiga yang bervariasi ini, Suzuki ingin menawarkan varian low MPV yang benar-benar bisa memenuhi kebutuhan konsumennya. Meski penjualan Ertiga sempat meredup di awal tahun 2015 kemarin, namun hal ini tak lantas membuat Suzuki berdiam diri. Apalagi melihat kompetitor lain juga melakukan hal yang sama, yaitu mengeluarkan versi terbaru dari mobil andalan masing-masing. New Suzuki Ertiga sendiri dibangun Suzuki Indonesia dengan unsur AMIN (Aman, Mewah, Irit, dan Nyaman) dan tentunya hal-hal tersebut benar-benar direalisasikan Suzuki dengan keluarnya New Ertiga yang lebih mewah dan memiliki fitur penunjang keamanan serta kenyamanan yang komplet. Satu hal yang perlu Mas Sena sampaikan, bahwa tabel harga Suzuki Ertiga di atas merupakan harga New Ertiga untuk OTR di area DKI Jakarta dan sekitarnya. Untuk harga di daerah, ada kemungkinan besar memang mengalami penyesuaian. Jika melihat kisaran harga Suzuki Ertiga di atas, nominal harga jual New Ertiga memang tak berselisih terlalu jauh dengan para kompetitornya seperti Toyota Avanza atau Honda Mobilio. Nah, tentunya ulasan Mas Sena kali ini akan menjadi referensi yang bagus untuk Anda. Baca juga review lengkap khas Mas Sena mengenai Suzuki Ertiga DrezaToyota Veloz, dan Honda Mobilio.

  • hendri

    kalau saya mau beli mobil ertiga. mana lebih murah saya beli pusat atau di dealer????

    • tergantung wilayah pak Hendri, harga OTR setiap wilayah berbeda-beda

      • heru

        klo di bandung untuk harga suzuki ertiga sporty berapa yah otr nya?

    • hayrul

      Tolong lebih baik ada berfikir sebelum membeli..
      dikarenakan saya membeli Mobil Ertiga belum 3 tahun sudah (Peel Off / Terkelupas cat yah)
      Tolong fikirkan kembali.

      Salam

      • muhammad syahbi

        Saya beli ertiga sudah 3 tahun catnya aman2 aja bos.. jangan2 ente orang toyot atau daihat ya. hahaha… oia atu lagi.. sanggup beli mobil yah…?

      • Marthin Sibagariang

        Saya juga bro sudah jalan 4 tahun aman aja tu dan sangat memuaskan. sebelumnya mobil saya mobil toy… kapsul bahkan interior ertiga lebih kedap dan nyaman.

  • semua harga suzuki sama pak 🙂 di setiap wilayah ( misalnya PLAT B ) mau testdrive dan beli suzuki terbaru bisa ke saya 021-80258989 untuk PLAT B PIN BB 24C7673c

  • Norain Sud

    Kalau daerah cirebon harga mobil ertiga berapa ya ???

  • hasan

    kl wilayah probolinggo kira2 type GL berapa ya… apa warna juga membedakan harga

  • sen81

    Klo dp 20 jt bisa gak cicilannnya 2 jt… tq

    • Hamid

      Bisa. Tapi mobil carry futura

  • Fanani

    Untuk harga area surabaya sidoarjo kena berapa ? dan ada Diskon berapa persen % ?

    • m fadill

      mau punya saya oper

  • Cessa

    Kalo dpnya 50jt, ciclan per 3 tahun umtuk tipe E brp ya?

  • Aris

    Klo dp 60 yang 4 taon cicilannya berapa ya?? Trus ada Cash back berapa nih???

  • ajat sudrajat

    Klo daerah kota bekasi dp 30 jt , kalo ambil 3 tahun kena brapa per bulan….

  • ale

    Ertiga kira2 dp brp y trs klo 5 thnbrp cicilnnya

    • Dealer suzuki malang

      Benar juga ya enakan kredit.

  • fariz

    bisa pak
    malah bisa dibawah 3jt
    pak deni ada di daerah mana?

    • budi darmawan

      saya dari palembang kalau bisa dp dengan cicilan seperti diatas saya minat

    • elan

      Dp 50 berapa 4 th cicilannya.daerah pasuruan

    • Goes Mur

      Awan gelap

  • apis

    Klo tuk jabar-cirebon kena discon brpa pak

    • bedjho (skoth)

      Gimana kalo dp 40jt buat 3th cicilan nya berapa ?

      • syafarudin

        Kalo wilayah madiun R3 pasara juwal baru y berapa

  • kirman

    slmt malam ..saya ad rencana mau ambil suzuki ertiga gx warna putih..saya mau kredit dengan dp 50juta..perbulan berapa selama 6th,,domisili saya dptk..mohon penjelasannya

    • sukandar

      Saya mau beli ertiga GX warna putih tunai/non kredit berapa dapat potongan nya dan dp 150 jt berapa cicilan perbulan untuk masa 20 bulan

  • Alradji

    Memang R3 Muaaantaapp
    saya sdh ambil Ertiga GX Elegant di dialer Suzuki Patraco di Luwuk Sul-Tengah..Pokokee Mantaapp

  • Furqon Nizam

    Bismillah. Go… Ertiga Sporty A/T

  • yusup

    kalau daerah cianjur dp 90 berapa cicilan nya yah ?

  • Sanhari

    Mohon info harga mobil M/T warna putih untuk wilayah Cirebon brp ya…..

  • Sanhari

    Mohon info ERTIGA GX M/T warna putih wilayah Cirebon brp ya……????? Cash back nya brp……..????? Tks

  • mawar rose

    manteeep..

  • gandhi

    saya tinggal di jawa timur kalau di surabaya ada diskon tidak untuk ertiga sporty yang manual? mohon infonya

  • ajik asdianto

    Buka di Nabire papua pak. Psti banyak banget peminatnya, soalnya disini cuma dr toyota aja. Jd rebutan. Tlg di respon.

  • Agung

    Saya sudah pakai ertiga GL th 2013, sekarang saya ganti lagi pakai ertiga dx elegant 2015………………. mantaaaaaaaaaaaaap

  • fgc

    ertiga selalu setia menemani. pertama beli th 2013 GL irit banget, th 2014 nyoba GX enak banget, cuma lebih irt yg no DB. yg 1 saya pk buat rental…. lumayan laris… rencana pengen beli new ertiga,..

  • resko ardiyanto

    beli ertiga sekarang aja gan. katanya sekarang DP kecil loh buat menyambut romadon dan lebaran

Top