Diilhami Seni Melipat Kertas, Lexus Ciptakan Mobil dari Kardus Bekas

Origami Jadi Inspirasi Lexus Ciptakan Mobil Dari Kertas – Pabrikan mobil mewah Lexus, kembali melakukan inovasinya di bidang pembuatan mobil. Kali ini bukan menawarkan mobil dengan desain futuristik atau fitur teknologi yang canggih. Melainkan Lexus baru saja mengeluarkan mobil yang dibuat menggunakan kardus bekas yang diberi nama origami Lexus IS.

Diilhami Seni Melipat Kertas, Lexus Ciptakan Mobil dari Kardus Bekas

Tak tanggung-tanggung, mobil tersebut dirancang oleh ahli prototipe dan model arsitektur yang berasal dari London, Inggris, yaitu LaserCut Works dan Scales and Models. Bahkan LaserCut Work juga menyatakan jika karya luar biasa mobil origami Lexus IS tersebut, dikatakan sebagai perpaduan sempurna antara animasi dan realitas. Ada mimpi yang menjadi kenyataan ketika kita melihat bentuk serta detail pada teksturnya.

Ketika proses pembuatnnya, LaserCut Works juga dibantu oleh komunitas terampil yang biasa disebut sebagai Takumi, dan juga menjadi bagian dari produksi Lexus. Bahkan kelompok terampil tersebut, juga menunjukkan bakat dan keterampilan untuk belajar melipat kertas demi menciptakan sesuatu yang indah. Dan kelompok Takumi akhirnya sanggup menghasilkan model virtual 3D secara digital meliputi bodi, dashboard, jok, dan roda.

Mobil origami Lexus IS tersebut diproduksi dengan material berupa potongan karton yang ditempel secara bertahap, dan mobil ini juga dilengkapi pintu, lampu, dan ban. Tak pelak sebanyak 1.700 kardus setebal sepuluh milimeter habis digunakan, dan setiap lapisan memiliki nomor urut untuk memastikan lapisannya dipasang sesuai dengan urutan yang benar.

Origami Lexus IS pada setiap bagiannya juga menggunakan lem kayu berkomposisi air, dimana harus dikeringkan selama kurang lebih 10 menit sebelum ditambal dengan potongan-potongan yang baru. Total proses perekatan pada tiap-tiap bagian jika digabungkan bisa memakan waktu 12 hari. Sedangkan proses pembangunan kendaraan ini memakan waktu hingga tiga bulan.

Seperti mobil pada umumnya, origami Lexus IS juga sudah dibekali dengan interior, pintu yang fungsional, lampu depan yang sanggup menyala terang, juga roda yang sanggup berputar lewat posisi tersembunyi. Untuk jeroannya, mobil origami Lexus IS dibekali dengan motor listrik untuk membuatnya bisa berjalan layaknya mobil normal.

Lexus sendiri sudah memamerkan origami Lexus IS kepada publik di ajang Grand Designs Live Show di NEC, Birmingham, 8 Oktober 2015 lalu, dan berhasil mendapat decak kagum dari pengunjung karena nilai seninya yang tinggi. Baca juga Tamiya Avante Ciptakan Mobil Sungguhan dan Audi A5 DTM Versi Terbaru dari Mobil Sport Turing Diproduksi Terbatas.

Top