Yamaha Siap Perkenalkan Duo Motor Listriknya yang Bertampang Sangar

Mengintip Duo Motor Listrik Bertampang Sangar Buatan Yamaha – Satu tahun silam dalam Laporan Tahunan Yamaha, Yamaha mengenalkan dua konsep atau prototipe motor listrik yang diberi nama konsep PES1 dan PED1. Kedua konsep motor listrik ini rencananya bakal diproduksi mulai 2016 mendatang. Namun rupanya, belum dirilis secara resmi kedua motor listrik tersebut ternyata sudah memasuki generasi berikutnya, demikian berita yang dilaporkan laman Visordown.

Yamaha Siap Perkenalkan Duo Motor Listriknya yang Bertampang Sangar

Untuk kali ini, tampaknya Yamaha benar-benar akan merealisasikan janjinya dimana pabrikan motor yang bermarkas di Iwata, Jepang, tersebut memperkenalkan dua motor terbarunya  yang bertajuk PES2 dan PED2. Dua motor tersebut memiliki kemiripan dengan konsep yang diusung Yamaha, tetapi menawarkan beberapa pembaruan seperti motor penggerak terbaru, rangka yang lebih kuat, dan style yang sudah direvisi. Istimewanya, PES2 yang bersegmen sebagai motor jalanan memiliki kelebihan dari pengaturan two-wheel-drive dan single-sided fork. Sedangkan saudaranya PED2 dirancang Yamaha sebagai kendaraan penakluk medan jalanan terjal dan pegunungan.

Rencananya dua motor konsep bertenaga listrik ini akan diperlihatkan Yamaha di ajang pameran otomotif berskala global yaitu Tokyo Motor Show, akhir bulan Oktober mendatang. Secara umum, PES2 dan PED2 sepertinya akan tetap mengusung basis mesin yang sama dari PES1 dan PED1.

Sebagai tambahan, untuk dimensinya PES2 akan memiliki panjang 1.920 mm, lebar 680 mm dan tinggi 1.060 mm. Untuk pemasok dayanya, motor ini disebut-sebut menggunakan baterai lithium-ion dengan total bobot kendaraan yang berada pada kisaran dibawah 130 kg.

Sedangkan untuk motor konsep PED2 secara dimensi akan memiliki panjang 2.045 mm, lebar 775 mm dan tinggi 1.205 mm. Ditujukan sebagai motor multi purpose, motor konsep ini dikabarkan hanya memiliki bobot di bawah 100 kg. Dan sebagai pemasok dayanya sama seperti PES2 dengan menggunakan baterai lithium-ion.

Untuk peformanya sendiri, kedua motor konsep tersebut akan memiliki kesamaan model dan performa motor dengan motor bebek atau biasa yang disebut moped Class II yang memiliki kubikasi mesin antara 50-125 cc. Dengan mulai dikenalkannya motor konsep PES2 dan PED2, kini semakin mempertegas jika Yamaha sudah bersiap untuk memasuki era kendaraan elektrik. Baca juga Motor Listrik Nasional Duet Garansindo dan ITS dan Kawasaki Siap Ciptakan Motor Listrik.

 

Top